Penahanan Kota Ditolak, Kuasa Hukum Akan Bawa Bukti Ratna Sarumpaet Sakit

Oleh Liputan6.com pada 15 Nov 2018, 12:53 WIB
Ratna Sarumpaet

Liputan6.com, Jakarta Pihak Polda Metro Jaya dua kali menolak permohonan tahanan kota bagi tersangka Ratna Sarumpaet. Meskipun, kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin menilai kalau mantan anggota Pemenangan Prabowo-Sandiaga itu layak untuk diterima pengajuannya karena faktor usia.

Insank mengaku, besok akan kembali datangi Polda Metro Jaya untuk meminta penjelasan penyidik perihal penolakannya itu.

"Jumat ini kami akan mengambil langkah berikutnya terhadap penolakan pengajuan penahanan," kata Insank saat dihubungi di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Menurutnya, ibu dari artis Atiqah Hasiholan itu berhak menerima penahan kota. Pasalnya, ia mengklaim memiliki bukti kalau kondisi Ratna Sarumpaet sedang tak sehat.

"Kami punya bukti dari dokter ibu Ratna Sarumpaet yang merawat setahun belakangan ini, jika Beliau memang mengalami kondisi yang tidak baik," tegasnya.

RUANGAN MENTERI AGAMA DISEGEL KPK
2 of 3

Kata Polda Metro

Sementara pihak Polda Metro Jaya membantah kondisi tersangka Ratna Sarumpaet lemah atau depresi. Pasalnya, polisi mempunyai dokter yang selalu memeriksa kesehatan narapidana di Rumah Tahanan (Rutan).

"Kan Polda punya dokter, punya poliklinik, punya Biddokkes ya. Jadi, kalau ada keluhan tahanan, semua tahanan pun dokter akan memeriksa. Seandainya perawatan kurang pun bisa kita rujuk ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Markas Polda Metro Jaya.

Selain itu, kata Argo, penyidik menolak permohonan penahanan kota yang diajukan Ratna karena belum diperlukan. Pertimbangan faktor usia Ratna yang tua dan jaminan anaknya pun juga tak membuat penyidik mengabulkan permohonan tersebut.

"Ya intinya penyidik sudah menyampaikan kalau penyidik tidak mengabulkan sudah saya sampaikan tadi ya," ujarnya.

Pihaknya juga memastikan kesehatan mantan anggota Pemenangan Prabowo-Sandiaga itu dalam kondisi sehat.

"Normal ya, normal (kesehatan Ratna)," tandasnya.

Reporter: Ronald 

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait