Sukses

Tiongkok Dinilai Jadi Mitra Potensial ASEAN di Bawah Konsep Indo-Pasifik

Konsep Indo-Pasifik telah diangkat oleh Indonesia dalam sejumlah pertemuan regional.

Liputan6.com, Singapura - Dalam KTT ASEAN-Republik Rakyat Tiongkok yang berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Presiden Joko Widodo mengajak ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok untuk saling berkolaborasi di bawah konsep Indo-Pasifik.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (15/11/2018), ketidakpastian dan tantangan global sangat dirasakan dampaknya oleh banyak negara. Tak terkecuali negara-negara di kawasan Indo-Pasifik.

Menghadapi hal itu, diperlukan kerja sama erat antarnegara-negara di lingkar Samudra Hindia dan Pasifik. Konsep ini telah diangkat oleh Indonesia dalam sejumlah pertemuan regional.

Indonesia menekankan prinsip penting mengenai konsep Indo-Pasifik tersebut, bahwa Indo-Pasifik tidak akan mengisolasi satu atau beberapa negara tertentu dalam pergaulan dan kerja sama antarnegara di kawasan.

Konsep Indo-Pasifik menurut Jokowi justru dicetuskan untuk meningkatkan keterbukaan kerja sama negara-negara di kawasan itu.

ASEAN memandang RRT sebagai mitra potensial bagi peningkatan kerja sama Indo-Pasifik. Jokowi menyebut, ASEAN dan RRT setidaknya dapat meningkatkan kerja sama dalam sektor kemaritiman. (Muhammad Gustirha Yunas)