Sukses

Sempat Tertutup Longsor, Jalur Bandung-Cianjur Sudah Bisa Dilewati

Butuh dua hari untuk menyingkirkan material longsor yang menutup akses Bandung-Cianjur.

Liputan6.com, Cianjur - Jalur utama penghubung antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang sebelumnya tertimbun longsor sudah bisa dilintasi. Ruas Ciwidey-Cidaun tersebut sudah dibersihkan dari material tanah bercampur batu dan batang pohon.

"Sudah normal. Semua jenis kendaraan sudah bisa melintas sejak Selasa sore," kata Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, Rabu (14/11/2018).

Jalur bisa dilintasi sejak Selasa sore 13 November 2018. Setelah pembersihan longsoran dilakukan selama dua hari menggunakan dua ekskavator dan dua loader.

Meski demikian, para pengguna jalan diharap tetap hati-hati terutama ketika turun hujan. Karena di titik lokasi longsor tepatnya di Kampung Cicatang, Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan masih rawan longsor. Selain itu, badan jalan masih licin akibat sisa lumpur.

"Pengendara diimbau tetap waspada saat melintas karena tanahnya masih labil," kata Soliyah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tebing 20 Meter

Tebing setinggi 20 meter longsor dan menimbun badan jalan di Kampung Cicatang, Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Kabuparen Cianjur, Minggu dini 10 November 2018. Akibatnya jalur penghubung Bandung Barat dengan Cianjur Selatan putus.

Kondisi ini membuat aktivitas warga dari kedua daerah terganggu karena semua jenis kendaraan tidak bisa melintas lantaran badan jalan tertutup material longsor setebal 4 meter dan panjang 60 meter.

Pembersihan material tanah bercampur batu dan pepohonan sempat terkendala cuaca. Begitu turun hujan, aktivitas pembersihan material longsor dihentikan dan tim diminta meninggalkan lokasi longsoran. Sebab, kondisi tanah di lokasi masih labil dan berpotensi longsor susulan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.