Sukses

Umat Buddha Bali Lepas Ribuan Ikan ke Laut dalam Upacara Fang Sen

Umat Buddha di Bali gelar Upacara Fang Sen dengan melepas ribuan ikan ke laut sebagai simbol pembebasan kehidupan dan bentuk kasih sayang.

Fokus, Bali - Ribuan ekor ikan dikembalikan ke habitatnya di laut lewat Upacara Fang Shen yang dilakukan umat Buddha di Denpasar, Bali.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (13/11/2018), puja mantra dilantunkan umat Buddha di area Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali.

Doa-doa dihaturkan sebagai rangkaian Upacara Fang Shen yang bermakna pembebasan kehidupan atas mahluk hidup sebagai bentuk kasih sayang sesuai ajaran Buddha.

Pembebasan kehidupan disimbolkan dengan pelepasan ribuan ekor ikan ke habitatnya di laut. Ribuan ikan yang dilepas terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Upacara ini diyakini memberi kebebasan pada mahluk hidup lain dan tidak terbelenggu untuk memenuhi keinginan dari manusia.

“Maknanya kita mendapatkan pelimpahan karena mendoakan makhluk hidup mendapat kehidupan,” kata salah satu peserta bernama Komang Regina.

Upacara Fang Shen juga merupakan pesan kepada umat untuk selalu menanamkan rasa welas asih dan dharma kepada sesama mahluk ciptaan Tuhan dan lingkungan demi tercapainya kebahagiaan hidup. (Karlina Sintia Dewi)