Sukses

Ibas Yudhoyono: Sekarang Fokus Pileg, Urusan Pilpres Ada Waktunya

Ibas mengatakan, dengan adanya kecenderungan coattail effect, yang akan diuntungkan adalah parpol pengusung capres dan cawapres.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengatakan, urusan Pilpres ada waktunya. Saat ini para caleg Demokrat sedang berkonsentrasi memenangkan Pileg 2019.

"Urusan Pilpres ada waktunya. Yang jelas secara langsung Demokrat mendukung Prabowo dan Sandi. Tapi tidak sedikit caleg-caleg Demokrat juga berkonsentrasi untuk memenangi dirinya masing-masing," jelasnya di sela pembekalan caleg Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Minggu (11/11/2018) sore.

Ibas mengatakan, dengan adanya kecenderungan coattail effect, yang akan diuntungkan adalah parpol pengusung capres dan cawapres. Karena itulah pihaknya berkonsentrasi bagaimana agar partainya bisa memperoleh suara sesuai yang ditargetkan dan bisa melampaui ambang batas parlemen.

"Jangan salah. Dengan coattail effect ini yang diuntungkan siapa? Gerindra dan PDIP. Saya tidak yakin apakah koalisi Pak Jokowi, partai-partainya juga bisa selamat. Bukan berarti mengecilkan, pasti sama juga ingin memastikan suaranya baik, selamat dan kita punya perwakilan di DPR RI," jelasnya.

Ibas menambah, prioritas kampanye sampai Januari-Februari 2019 adalah kampanye partai agar Demokrat tetap masuk dalam parlemen. Itu salah satu strategi partainya agar bisa lolos ambang batas parlemen.

"Demokrat first. Pertama kali kita juga berharap Demokrat ada tetap di parlemen. Setelah itu kita lihat nanti, Januari, Februari perkembangannya seperti apa. Silakan media juga bertanya kepada partai-partai lain pasti strateginya beda-beda," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Semangat Caleg

Menurutnya, strategi seperti ini tak hanya dilakukan partainya, tapi juga semua partai baik yang mendukung Prabowo-Sandi maupun Jokowi-Ma'ruf.

Ibas mengatakan dengan kampanye yang memprioritaskan partainya, pihaknya ingin membangun semangat para caleg.

"Belum ada kata the end. Belum ada kata finish. Yang ada saat ini adalah permulaan yang ada sekarang adalah bagaimana mereka yakin apa yang mereka lakukan itu bermanfaat untuk partai, dirinya sendiri dan bangsa depan bangsa ini," ujarnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan video piilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.