Ini Alasan Jokowi Kenakan Kostum Pejuang di Hari Pahlawan

Oleh Huyogo Simbolon pada 10 Nov 2018, 11:10 WIB
Presiden Jokowi mengenakan kostum ala pejuang di peringatan Hari Pahlawan Nasional di Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat. Acara ini diadakan oleh Kodam III/Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018.

Pada kesempatan ini, Jokowi menggunakan sepeda ontel bersama para peserta lain. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengenakan pakaian pejuang kemerdekaan berwarna cokelat krem dipadu sepatu boots hitam.

Tak ketinggalan topi khas pejuang dan tas kecil.

Setelah membuka kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda, Jokowi mengungkapkan alasannya memakai seragam pejuang.

"Ini kan Hari Pahlawan 10 November, jadi suasana sejarah di tahun 45 di masa masa perjuangan. Suasana itu yang tadi kenapa saya pakai pakaian ini," ucap Jokowi, Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Dia pun mengingatkan tentang semangat perjuangan di masa kini. Dia mengatakan, semangat Hari Pahlawan saat ini ialah terus membangun negara.

"Dulu juga semangat untuk merdeka setelah itu semangat membangun negara. Semangat memajukan negara, semangat membuat Indonesia maju," ujar Jokowi.

 

2 of 3

Cemas

jokowi
Presiden Jokowi mengikuti Gowes Bandung Lautan Sepeda di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018). (Liputan6.com/Titin Supriatin)

Jokowi mengaku sempat cemas karena bakal memakai sepeda ontel.

"Sepedanya memang dipilihkan beberapa kemudian saya pilih itu (onthel) yang paling enteng tapi memang sepeda lama, enggak ada rem," kata Jokowi.

"Nah itu tadi saya yang agak mikir, agak groginya di situ (tidak ada rem). Kalau tadi menurunnya tajam, saya turunkan trotoar supaya berhenti," lanjut dia.

Pada acara ini, Jokowi juga turut didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, dan Menteri Sosial Agus Gumiwang. Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian. Mereka juga ikut menggowes sepeda.

Adapun rute yang dikelilingi Jokowi dan rombongan mulai dari Jalan Dipenogoro depan Gedung Sate, dilanjutkan ke Jalan Merdeka, Jalan Aceh dan kembali ke Gedung Sate.

Sekembalinya di Gedung Sate, warga berfoto bareng bersama Jokowi.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓