Sukses

Usai Pimpin Upacara, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra

Usai memimpin upacara, Jokowi menabur bunga di atas makam sejumlah Pahlawan Nasional.

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2018. Upacara dilakukan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Jalan Cikutra, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

Jokowi memasuki lapangan upacara, Sabtu (10/11/2018) pukul 08.04 WIB, didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto serta istrinya Rugaiya Usman Wiranto.

Hadir mendahului Jokowi dalam upacara Ziarah Nasional ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

"Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi saat memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Usai memimpin upacara, Jokowi menabur bunga di atas makam sejumlah Pahlawan Nasional. Mereka di antaranya perintis kemerdekaan Abdoel Moeis, mantan Menteri Dalam Negeri Moh Yogie SM, dan mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) M Nashudi.

Kemudian mantan Dubes Saudi Arabia H Aang Kunaefi, perintis industri penerbangan Laksamana Muda Udara (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo, dan mantan Komandan Pangkalan Udara Margahayu Komodor Udara (Anumerta) Sulaiman.

Untuk diketahui, peserta upacara Ziarah Nasional adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bandung, prajurit TNI, veteran, dan siswa/siswi sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Jokowi

Pada sore hari nanti, Jokowi diagendakan mengumpulkan caleg DPR RI, DPRD Tingkat 1, DPRD Tingkat 2 dari partai-partai koalisi. Pertemuan akan dilakukan di Hotel Grand Asrilia. Kemudian Jokowi akan melakukan kegiatan di simpul Space Jalan Braga dan Asia Afrika.

Mengawali kunjungan kerja di hari kedua, Jokowi akan menghadiri giat car free day di daerah Dago dilanjutkan ke Pasar Cihapit. Selanjutnya, Jokowi menuju kantor Paguyuban Pasundan.

Menutup kunjungan kerja di Bandung, Jokowi akan menggelar pertemuan dengan Perkumpulan Pengusaha Muda, Komunitas Motor dan Para Milineal di Jalan Braga.

Reporter: Titin Supriatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.