Sukses

Pemprov Tanggung Semua Biaya Korban Insiden Surabaya Membara

Insiden Surabaya Membara ini berawal saat kereta api melintas di viaduk. Pada saat bersamaan, banyak masyarakat yang menonton drama kolosal itu di viaduk Jalan Pahlawan.

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menanggung semua biaya perawatan dan pemakaman korban akibat insiden Surabaya Membara di viaduk Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat 9 November 2018 malam.

"Yang meninggal, yang sakit, yang luka, ditanggung pemerintah. Biaya perawatan, pemakaman akan ditanggung pemerintah," kata Soekarwo usai Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Kusuma Bangsa Sabtu (10/11/2018) dini hari.

Dia menegaskan, pemberian bantuan dengan menanggung semua biaya ini atas dasar kemanusiaan, bukan untuk mencari siapa yang salah atau yang benar.

Insiden Surabaya Membara ini berawal saat kereta api melintas di viaduk. Pada saat bersamaan, banyak masyarakat yang menonton drama kolosal itu di viaduk Jalan Pahlawan. Akibat sejumlah penonton jatuh dari ketinggian. Tiga orang di antaranya meninggal dan puluhan lainnya luka.

Ada dugaan kelalaian panitia penyelenggara drama kolosal karena tidak bekerja sama dengan pemerintah provinsi dalam menyelenggarakan acara yang dihadiri sejumlah besar masyarakat.

"Biasanya memang kerja sama, tapi sekarang tidak. Tapi saya kira bukan itu masalahnya. Ini kecelakaan. Makanya penyelesaiannya (secara) kemanusiaan, bukan untuk cari yang salah atau benar," ujar Soekarwo.

Dia mengatakan, kegiatan drama kolosal Surabaya Membara yang setiap tahun sekali diselenggarakan oleh Komunitas Surabaya Membara itu adalah bentuk partisipasi masyarakat untuk meramaikan Hari Pahlawan yang perlu diapresiasi.

"Kami terima kasih atas partisipasi masyarakat yang ingin memeriahkan 10 November dengan menggelar Surabaya Membara. Partisipasi ini perlu diapresiasi," ucap Soekarwo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Panitia

Ketua Komunitas Surabaya Membara Taufik Hidayat menegaskan, pihaknya sudah bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI dalam menggelar acara ini. Panitia, kata dia, sudah beberapa kali mengingatkan penonton yang melihat pertunjukan dari viaduk agar segera turun dari viaduk.

"Bapak-bapak TNI itu juga sudah meminta yang di atas turun," katanya kepada Radio Suara Surabaya.

Insiden lewatnya kereta api di viaduk Jalan Pahlawan itu, kata dia, sudah berada di luar jangkauan panitia. Menurutnya, lokasi viaduk dengan pusat acara juga cukup jauh, sekitar 300-400 meter.

"Tapi bagaimanapun juga, kami turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya. Kami doakan korban yang meninggal diterima di sisi-Nya dan ditempatkan di surga tertinggi karena meninggal pada hari ketika para syuhada gugur di medan tempur," katanya yang mengaku berada di Polrestabes Surabaya untuk memberikan keterangan.

Pria yang akrab disapa Taufik Monyong itu mengatakan, aktivitas drama kolosal itu adalah bentuk partisipasi masyarakat yang dilaksanakan setiap tahun sebagai renungan untuk mendoakan para ulama dan pejuang yang meninggal di tanggal 9 November sehari menjelang pertempuran 10 November di Surabaya.

Ikuti berita Suarasurabaya lainnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.