Sukses

Penyidik Limpahkan Berkas Ratna Sarumpaet Hari Ini

Ini merupakan pelimpahan pertama yang dilakukan oleh penyidik atas kasus penyebaran hoaks dengan tersangka Ratna Sarumpaet.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya akan melimpahkan berkas kasus Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan pada Kamis (8/11/2018). Ini merupakan pelimpahan pertama yang dilakukan oleh penyidik atas kasus penyebaran hoaks tersebut.

"Besok (hari ini) sudah mau (pelimpahan) berkas perkara," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu 7 November 2018.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini mengatakan, penyidik menyusun resume yang diambil dari keterangan para saksi yang telah diperiksa atas kasus Ratna Sarumpaet pada Rabu sore.

"Jadi untuk saat ini penyidik sedang susun resume. Artinya bahwa penyidik sedang menyelesaikan suatu tulisan yang merupakan kumpulan dari keterangan-keterangan para saksi. Nanti kalau sudah selesai penyusunan resume ini, akan langsung kita berkas perkara langsung kita kirim ke kejaksaan," ujar Argo.

Oleh karena itu, lanjut dia, kemungkinan besar permohonan penahanan kota ditolak Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. 

"Kemarin sudah diajukan, tentu nanti direktur (Dirkrimum Kombes Nico Afinta) nanti yang akan menentukan. Karena ini besok sudah mau (pelimpahan) berkas perkara. Ya sudah mau dikirim sepertinya akan ditolak kembali," kata Argo.

Ratna Sarumpaet tengah mendekam di Rutan Salemba cabang Polda Metro Jaya. Ratna menjadi tersangka kasus penyebaran hoaks. Dia mengaku dianiaya oleh sekelompok pria tak jauh dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Depresi

Artis Atiqah Hasiholan menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya untuk menjenguk ibunya, Ratna Sarumpaet. Ratna merupakan tersangka kasus penyebaran hoaks.

Istri dari artis Rio Dewanto ini mengatakan ibunya terlihat lemas. Bahkan, mantan Anggota Pemenangan Prabowo-Sandiaga itu masih enggan makan.

"Ya, masih sama dengan kemarin-kemarin ya. Masih sama dengan kemarin-kemarin. Masih sulit makan. Kemarin sempat dipijet, sih, kayaknya badannya mungkin enakan dikit," kata Atiqah Hasiholan, Rabu (7/11/2017).

Atiqah yang didampingi oleh pengacara Insank Nasrudin mengungkapkan kondisi kejiwaan Ratna Sarumpaet setahunan ini. 

"Ya, ibu saya memang selama dari setahun ini memang di bawah pengobatan psikiater. Ada depresi memang. Jadi, berada dalam tahanan ini tentunya mengganggu kejiwaan lebih buruk lagi. Pasti-lah semua di tahanan, pasti ada tekanan ya. Tapi karena kondisi ibu saya dari sebelumnya sudah harus konsultasi dokter dan pengobatan akhirnya semakin buruk," ujar Atiqah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.
    Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.

    Ratna Sarumpaet