Atiqah Hasiholan Sebut Ratna Sarumpaet Alami Depresi Setahun Terakhir

Oleh Liputan6.com pada 07 Nov 2018, 14:55 WIB
Atiqah Hasiholan Diperiksa Sebagai Saksi Terkait Hoax Ratna Sarumpaet

Liputan6.com, Jakarta - Artis Atiqah Hasiholan menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya untuk menjenguk ibunya, Ratna Sarumpaet. Ratna merupakan tersangka kasus penyebaran hoaks.

Istri dari artis Rio Dewanto ini mengatakan ibunya terlihat lemas. Bahkan, mantan Anggota Pemenangan Prabowo-Sandiaga itu masih enggan makan.

"Ya, masih sama dengan kemarin-kemarin ya. Masih sama dengan kemarin-kemarin. Masih sulit makan. Kemarin sempat dipijet, sih, kayaknya badannya mungkin enakan dikit," kata Atiqah Hasiholan, Rabu (7/11/2017).

Atiqah yang didampingi oleh pengacara Insank Nasrudin mengungkapkan kondisi kejiwaan Ratna Sarumpaet setahunan ini. 

"Ya, ibu saya memang selama dari setahun ini memang di bawah pengobatan psikiater. Ada depresi memang. Jadi, berada dalam tahanan ini tentunya mengganggu kejiwaan lebih buruk lagi. Pasti-lah semua di tahanan, pasti ada tekanan ya. Tapi karena kondisi ibu saya dari sebelumnya sudah harus konsultasi dokter dan pengobatan akhirnya semakin buruk," ujar Atiqah.

Atas hal itu, pengacaranya, Insank, mengaku akan menanyakan perihal surat pengajuan penahanan kota kepada penyidik.

"Belum ya. Keputusan belum. Makanya kami lagi menuggu. Kami akan melakukan pengecekan kepada penyidik. Mengenai disetujui-kah atau ditolak lagi permohonan kami," kata Insank.

RUANGAN MENTERI AGAMA DISEGEL KPK
2 of 3

Minta Didatangkan Psikiater

Atiqah Hasiholan menjenguk ibundanya Ratna Sarumpaet di Rutan Polda Metro Jaya yang menjadi tersangka penyebaran hoaks. (Merdeka.com/Ronald)
Atiqah Hasiholan menjenguk ibundanya Ratna Sarumpaet di Rutan Polda Metro Jaya yang menjadi tersangka penyebaran hoaks. (Merdeka.com/Ronald)

Menurut Atiqah Hasiholan, pihaknya sempat meminta psikiater ke polisi. Kepolisian pun sudah menyediakan dokter kejiwaan untuk sang ibu.

"Ya, rutin masih minum obat, kemarin juga sempet ada dokter juga ya dari kepolisian untuk melihat kondisi ibu saya. Kita juga waktu itu sempet minta psikiater juga ya datang periksa ibu saya," tutur ibu satu anak ini.

Agar kondisi kejiwaan ibunya stabil, Atiqah Hasiholan meminta status Ratna dialihkan menjadi tahanan kota. Ia pun berani menjamin ibunya tak melarikan diri dan menjalani wajib lapor ke kepolisian.

"Memang saya yang menjamin, pengalihan ini kan harus ada penjamin. Penjaminnya saya dan kakak saya. Makanya ini lagi diupayakan," pungkas Atiqah Hasiholan.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓