Ma'ruf Amin Bantah Bikin Hoaks Peluncuran Esemka

Oleh Liputan6.com pada 07 Nov 2018, 06:32 WIB
Diperbarui 07 Nov 2018, 06:32 WIB
Cawapres Ma'ruf Amin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama ulama se-Madura.
Perbesar
Cawapres Ma'ruf Amin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama ulama se-Madura. (foto: dokumentasi tim kampanye pemenangan Jokowi-Ma'ruf)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin membantah menyebarkan hoaks soal peluncuran mobil Esemka pada Oktober 2018 lalu. Dia mengaku hanya mendengar dari pihak lain terkait peluncuran Esemka, tanpa menyebut sumbernya.

"Masak saya (bikin hoaks). Esemka itu orang, saya hanya mendengar ada orang yang akan meluncurkan mobil tersebut," kata Ma'ruf Amin di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Ketua Umum Nonaktif Majelis Ulama Indonesia itupun mengatakan, produksi mobil Esemka tak ada hubungannya dengan pemerintah Joko Widodo. Pabrik Esemka dikerjakan oleh perusahaan swasta, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

"Enggak ada urusannya pemerintah itu mah," ucap Ma'ruf Amin.

Dia hanya mendengar, PT SMK ingin memproduksi mobil Esemka. Namun, dia sendiri tak ikut campur dalam proses tersebut.

"Ada orang mau memproduksi. Saya tanya ya mau jadi mau enggak urusan orang itu. Saya ngebohongin siapa?" ujar Ma'ruf Amin.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pernyataan Ma'ruf Amin

MUI Terima Bantuan Rp 7,6 M dari Taiwan untuk Korban Bencana Sulteng
Perbesar
Ketum MUI KH Ma'ruf Amin (kiri) memberi sambutan terkait bantuan Taipei Economic and Trade Office (TETO), Jakarta, Selasa (9/10). TETO menyerahkan bantuan USD 500 ribu atau sekitar Rp 7,6 miliar untuk korban bencana Sulteng. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Esemka, mobil buatan dalam negeri itu kembali ramai diperbincangkan karena dikabarkan akan diproduksi massal. Ma'ruf sempat menyebut Oktober bakal ada peluncuran mobil yang pernah didukun Jokowi ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis 27 September 2018.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓