Menhub: Proyek MRT Fase II dari Bundaran HI Sampai Ancol

Oleh Ady Anugrahadi pada 06 Nov 2018, 15:36 WIB
Fase 1 MRT Mencapai 96 Persen

 

Liputan6.com, Jakarta - PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT) Jakarta segera melanjutkan pembangunan proyek MRT. Pada tahap selanjutnya, akan diteruskan sampai ke Ancol, Jakarta Utara.

"Fase dua, mungkin Bundaran HI sampai ke Ancol atau Stadion BMW. Bisa dibayangkan dari Stadion BMW sampai ke Selatan itu berhubungan. Jadi orang main sepak bola langsung ke sana," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Budi mengatakan, rencana groundbreaking pengerjaan fisik dilakukan pada Desember 2018 mendatang. Apabila berjalan mulus, Dia mengestimastikan proyek bakal rampung lima tahun kemudian.

"Target fase dua. Kalau dimulai tahun ini. 2023 bisa selesai," ucap dia.

Sementara itu Direktur Utama MRT, William P Sabandar mengatakan, proyek MRT memang akan diperluas hingga Kampung Bandan atau Ancol. Namun, pada tahap kedua ini yang sudah pasti akan diterukan ke Stasiun Kota

"Tahap dua dimulai Januari 2019. Panjangnya kira-kira 8,3 km. Itu dari HI sampai Kampung Bandan. Tapi sekarang yang akan kita lakukan hanya sampai ke Kota dahulu. Sambil kita tunggu kepastian deponya dimana," ungkap dia.

2 of 2

Lebak Bulus Rampung 97 Persen

Fase 1 MRT Mencapai 96 Persen
Kereta mass rapid transit (MRT) saat tiba di depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (28/8). Progres konstruksi moda transportasi MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI kini mencapai hampir 96 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal mass rapid transit atau moda raya terpadu (MRT) fase I yang menghubungkan Bundaran HI-Lebak Bulus.

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama (Dirut) MRT Jakarta William P. Sabandar. 

Jokowi bersama pejabat tersebut kompak menggunakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam. Jokowi berangkat dari Depo MRT HI pukul 09.10 WIB, tiba di MRT Lebak Bulus pukul 09.30 WIB.  Jokowi menyebut pembangunan MRT Lebak Bulus sudah mencapai 97 persen.

"Kita sama-sama mencoba MRT dari Bundaran HI sampai di Lebak Bulus sepanjang 16 km. Proyek ini telah selesai 97 persen, kurang hanya 3 persen," kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018). 

Jokowi berharap MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI ini bisa beroperasi pada Maret 2019.  "Kita harapkan nantinya di Maret 2019 sudah mulai operasional dengan uji coba terus, uji coba terus," kata dia.

Selama menjajal MRT Bundaran HI-Lebak Bulus, Jokowi merasa nyaman. Selain karena cepat, moda raya terpadu itu disebut tidak menimbulkan kebisingan.

"Suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya. Tidak terdengar dan treatment, sangat bagus sekali," ujar dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan pembangunan MRT Lebak Bulus sudah mencapai 97,08 persen. Pada Maret 2019, diperkirakan MRT ini sudah bisa beroperasi.

"Hari ini di 97,08 persen, konstruksi bergerak maju menuju, 4 bulan menuju operasi," kata dia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓