Sukses

Survei LSI Denny JA: PDIP Unggul di DKI, Gerindra di Jawa Barat

Perolehan suara terbesar PDIP ada di Provinsi Jawa Tengah dan DKI Jakarta, Sementara Gerindra unggul di Jawa Barat dan Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei tentang pertarungan partai politik di 10 provinsi besar di Indonesia. Adapun 10 provinsi itu antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan.

"PDIP unggul di 5 provinsi. Lima Provinsi lainnya diungguli oleh 3 partai berbeda yaitu Gerindra, Golkar, dan PKB," kata peneliti LSI Adjie Alfaraby di kantor LSI Jakarta Timur, Jumat (2/11/2018).

Perolehan suara terbesar PDIP ada di Provinsi Jawa Tengah, dengan dukungan 46 persen. Sementara itu, Gerindra menempati posisi kedua memperoleh 6,2 persen dukungan.

"PDIP makin menegaskan bahwa Jawa Tengah adalah kandang banteng. Hampir separuh dari pemilih Jawa Tengah memilih PDIP jika pileg dilaksanakan saat survei dikerjakan," ucapnya.

Di Provinsi DKI Jakarta, PDIP masih berada di posisi puncak dengan dukungan terbanyak, yakni 23,1 persen. Disusul Gerindra di posisi kedua dengan dukungan sebesar 17,1 persen.

Selain di Jawa Tengah dan Jakarta, PDIP juga unggul di Lampung dengan angka dukungan 34,0 persen, di Sumatera Selatan 26,5 persen, dan di Sumatera Utara 28,0 persen. Sedangkan Partai Gerindra menempati posisi kedua unggul di Provinsi Riau, Banten, dan Jawa Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan untuk Gerindra Naik di Jabar

Adjie menuturkan, Gerindra berhasil menempati posisi pertama di Provinsi Jawa Barat dengan perolehan dukungan 20,2 persen. Angka ini mengalami kenaikan signifikan jika dibandingkan dengan hasil Pileg 2014.

Pada Pileg 2014, Gerindra hanya memperoleh dukungan 11,2 persen dan menempati posisi ketiga di bawah PDIP dan Partai Golkar.

"Saat ini survei LSI Denny JA Oktober 2018, menunjukan bahwa Gerindra berhasil menempati posisi pertama menggantikan posisi PDIP. PDIP mengalami sedikit penurunan suara di Jawa Barat dibandingkan Pileg 2014," jelas dia.

Kemudian di Provinsi Riau, Gerindra mendapat dukungan sebesar 22,2 persen. Sementara di Banten 26,3 persen.

Di Provinsi Jawa Timur, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menempati posisi teratas dengan jumlah dukungan 21,7 persen. Angka ini bersaing ketat dengan PDIP yang meraih 21 persen suara.

"Ketatnya dukungan PKB dan PDIP di Jawa Timur seperti mengulang kembali pertarungan di Pemilu sebelumnya. Saat itu, PDIP memperoleh suara 17,9 persen. Sementara PKB 17,7 persen," sambung Adjie.

Survei ini dilakukan sejak 4 sampai 14 Oktober 2018 di 10 provinsi dengan jumlah penduduk paling besar. Jumlah responden di setiap provinsi 600 orang, sehingga total seluruhnya 6.000 responden. Margin of error dalam survei di setiap provinsi 4,1 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.