Sukses

KNKT Dapat Tambahan Satu Ping Locator untuk Cari CVR Lion Air PK-LQP

Total KNKT akan menggunakan 4 ping locator untuk cari kotak hitam Lion Air yang belum ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Haryo Satmiko mengatakan pihaknya mendapatkan satu tambahan Ping Locator, untuk mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang hingga kini masih hilang.

Dengan demikian, saat ini ada empat ping locator yang diharapkan dapat mempermudah pencarian CVR.

"Tim KNKT yang berada di Kapal Baruna Jaya I mendapat tambahan peralatan satu buah ping locator dukungan dari Amerika Setikat NTSB," ujar Haryo di Kantor KNKT Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2018).

Ia mengatakan pihaknya saat ini juga bekerjasama dengan TNI-AU guna mendapatkan data Radar di Satuan Radar Tanjung Kait terkait penerbangan Lion Air JT-610. Selain itu, KNKT telah melakukan wawancara kepada crew Lion Air JT-043 rute Denpasar-Jakarta.

Penerbangan Lion Air JT-043 diketahui terbang menggunakan pesawat yang sama dengan penerbangan JT-610, yakni PK-LQP. Diharapkan wawancara dengan flight dan cabin crew JT-043 ini dapat membantu mengungkap kecelakaan pada JT-610.

"Tim NTSB Amerika serta dari Boeing dan KNKT melakukan pengumpulan data dan verifikasi atas data yang sudah terkumpul di ruang koordinasi KNKT," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.