Sukses

KPK Tunggu Saran Penyidik untuk Tahan Taufik Kurniawan

Namun sejauh ini menurut Saut pihak lembaga antirasuah belum memutuskan apakah akan mengeluarkan surat penahanan untuk Taufik atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menunggu hasil pemeriksaan penyidik terhadap Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan terkait kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen Tahun Anggaran 2016.

Usai menunggu hasil pemeriksaan, pimpinan KPK nantinya menerima saran dari penyidik apakah akan langsung menahan Wakil Ketua Umum PAN itu.

"Nanti penyidik akan memberikan saran ke pimpinan seperti apa, namun pimpinan yang akan memutuskan guna mempercepat proses penyidikan langkah yang sebaiknya seperti apa," ujar Saut saat dikonfirmasi, Jumat (2/11/2018).

Namun sejauh ini menurut Saut pihak lembaga antirasuah belum memutuskan apakah akan mengeluarkan surat penahanan untuk Taufik Kurniawan atau tidak.

"Pimpinan tentu memiliki pertimbangan juga. Kita tunggu saja," kata Saut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Kali Mangkir

Diketahui, Taufik mendatangi Gedung KPK setelah sebelumnya dua kali mangkir pada 25 Oktober 2018 dan 1 November 2018. Taufik langsung diperiksa penyidik KPK. Ini merupakan pemeriksaan awal Taufik pascaditetapkan sebagai tersangka.

KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.