Hari ke-5 Pencarian Lion Air Difokuskan di Sekitar Penemuan Pintu Pesawat

Oleh Maria Flora pada 02 Nov 2018, 08:04 WIB
Diperbarui 02 Nov 2018, 08:18 WIB

Fokus, Karawang - Menyusul ditemukannya lokasi kotak hitam dan bangkai pesawat, sedikitnya 60 Tim SAR gabungan langsung memeriksa bagian pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Kamis sore kemarin melalui penyelaman.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (2/11/2018), tampak bagian-bagian pesawat termasuk mesin kondisinya hancur berkeping-keping. Robot penyelam (ROV) pun diturunkan untuk mendeteksi bagian bagian pesawat di kedalaman laut ini.

Robot merekam sejumlah puing dan serpihan pesawat. Di antaranya dinding dan roda pesawat termasuk beberapa jasad korban. Akibat sebaran serpihan cukup luas membuat Tim SAR membutuhkan waktu untuk mengangkat dan mengevakuasinya ke permukaan.

Tim SAR gabungan masih mencari satu bagian lain kotak hitam yang ditengarai tak jauh dari koordinat kotak hitam yang ditemukan sebelumnya. Tim SAR juga belum berhasil mendeteksi ping locator atau bagian pemancar suara dalam satu kotak hitam yang masih hilang.

Operasi pencarian hari ini memasuki hari kelima. Kali ini akan fokus di lokasi ditemukannya korban dan dinding pesawat tak jauh dari lokasi pengangkatan kotak hitam atau black box. (Rio Audhitama Sihombing)