Sukses

Detik-Detik Tim Amfibi TNI AL Bawa Kotak Hitam Lion Air Jatuh

Mengikuti petunjuk alat, keduanya pun menggali lumpur hingga akhirnya berhasil menemukan salah satu bagian kotak hitam Lion Air, yakni Flight Data Recorder (FDR).

Liputan6.com, Karawang - Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT 610 telah ditemukan di kedalaman 30 meter perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis siang kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (2/11/2018), dalam rekaman kamera bawah air dari Batalyon Intai Amfibi TNI Angkatan Laut terlihat dua penyelam, yakni Sertu Hendra Saputra dan Serda Nur Ali.

Mereka sudah menemukan lokasi yang diduga menjadi titik keberadaan kotak hitam Lion Air JT 610. Namun, akibat kencangnya arus bawah laut dan tebalnya lumpur membuat kedua penyelam tidak bisa langsung menemukan.

Mengikuti petunjuk alat, keduanya pun menggali lumpur hingga akhirnya berhasil menemukan salah satu bagian kotak hitam, yakni Flight Data Recorder (FDR).

Dari dalam laut, kedua penyelam kemudian menyerahkan bagian kotak hitam yang di dapat kepada awak Kapal Baruna Jaya I.

Untuk menghindari kerusakan, kotak hitam tidak bisa langsung diangkat ke permukaan.  Tetapi harus diletakkan di dalam kotak besar yang diisi air laut terlebih dahulu. (Muhammad Gustirha Yunas)