Sukses

KNKT Pastikan Bagian Black Box Lion Air yang Ditemukan Berisi FDR

Bagian kotak hitam atau black box pesawat Lion Air telah ditemukan di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Bagian kotak hitam atau black box pesawat Lion Air telah ditemukan di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Bagian itu merupakan flight data recorder (FDR).

"Ini bukan bagian yang merekam percakapan pilot dan menara pengawas di dalam kokpit," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi, di KM Baruna Jaya, Karawang, Kamis (1/11/2018).

"Mudah-mudahan bagian yang lain segera kita temukan," imbuh Syaugi.

Pihaknya menyerahkan FDR Lion Air tersebut kepada investigator Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Bambang Iriawan untuk ditindaklanjuti. Bambang pun memastikan bagian black box yang ditemukan itu adalah FDR.

"Ini berisi flight data recorder (FDR), cockpit voice recorder (CVR) belum (ditemukan)," ujar Bambang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditemukan Penyelam TNI AL

Tim penyelam dari TNI AL akhirnya menemukan black box Lion Air yang jatuh di Tanjung Karawang. Benda itu ditemukan penyelam dari TNI AL, Sertu Hendra.

Hendra mengatakan, sempat merasa putus asa mencari black box tersebut. Sebab, pesawat meledak dan menjadi bongkahan kecil dan menyebar di perairan Tanjung Karawang.

"Menang kami sempat putus asa karena pesawat menjadi bongkahan-bongkahan kecil, lalu kami temukan dan kami mendapat black box warna oranye," kata Sertu Hendra di Tanjung Karawang.

Menurut Hendra, benda ditemukannya itu berwarna oranye. Black box itu ditemukan di kedalaman 30 meter dalam kondisi utuh.

"Kondisinya utuh di dalam lumpur," Hendra memungkasi.

 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.