Sukses

Menhub: Black Box Lion Air Baru Ditemukan 1 Bagian

Black box pesawat Lion Air yang jatuh di Tanjung Karawang telah ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Black box pesawat Lion Air yang jatuh di Tanjung Karawang telah ditemukan. Namun, dari dua black box, baru satu yang berhasil diangkat dari laut.

"Black box ada dua, FDR (flight data recorder) sama CVR (cockpit voice recorder), satu merekam pembicaraan, satu merekam perjalanan dari pesawat. Satu sudah ditemukan, sehingga diharapkan satu lagi ditemukan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kemenhub, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Ia menegaskan, info yang ada dalam kotak berwarna oranya itu bersifat rahasia. "Perlu diketahui, info yang ada dalam black box itu confidential," kata Budi.

Setelah melakukan pencarian selama empat hari, Tim SAR akhirnya menemukan black box atau kotak hitam Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang. 

Kotak hitam itu ditemukan oleh penyelam dari TNI AL Sertu Hendra. Kotak berwarna oranye itu ditemukan tidak di dalam badan pesawat Lion Air.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Utuh

"Kami mendapatkan black box warna oranye. Kondisinya utuh, kemudian ada alat-alat sedikit di dalam lumpur," ujar Hendra, Kamis (1/11/2018).

Saat ini kotak hitam tersebut sudah di berada di dalam kapal Tim SAR. Kotak hitam Lion Air tersebut dimasukan ke dalam container box berwarna biru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.