Sukses

TNI AL Temukan Badan Pesawat Lion Air Jatuh di Karawang

Tim penyelam juga menemukan sejumlah serpihan pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelam dari Dislambair TNI Angkatan Laut (AL) menemukan sejumlah bagian pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. 

"Saat pengejaran visual di bawah spot kita ada body pesawat, positif body pesawat," ujar Kadislambair Koarmada 1 Kolonel Laut (E) Monang Sitompul, Kamis (1/11/2018).

Monang mengatakan, sampai saat ini, tim masih melakukan pencarian terhadap tubuh pesawat dan terhadap para korban Lion Air JT-610 tepatnya di 127 derajat 07-572 bujur timur. Yang mana sebelumnya mereka melakukan pencarian di 5 derajat 48-154 laut timur.

Pantauan merdeka.com, dua orang tim penyelam telah membawa bagian tubuh manusia dari dasar laut dengan menggunakan plastik berwarna biru. Tim juga menemukan serpihan bagian dari pesawat.

"Ini kayaknya bagian tubuh atas," kata Kadislambair Koarmada 1 Kolonel Laut (E) Monang Sitompul.

Tak lama berselang terlihat ada beberapa penyelam yang muncul dari permukaan dasar laut dengan membawa kotak berwarna putih. Kotak itu langsung ditempatkan di perahu karet TNI berwarna hijau.

"Ini ada body part korban sama serpihan pesawat, tapi udah pada hancur," ujar seorang penyelam yang enggan disebutkan namanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kotak Hitam Ditemukan

Setelah melakukan pencarian selama empat hari, Tim SAR akhirnya menemukan black box atau kotak hitam Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang.

Kotak hitam itu ditemukan oleh penyelam dari TNI AL Sertu Hendra. Kotak berwarna oranye itu ditemukan tidak di dalam badan pesawat Lion Air.

"Kami mendapatkan black box warna oranye. Kondisinya utuh, kemudian ada alat-alat sedikit di dalam lumpur," ujar Hendra, Kamis (1/11/2018).

Saat ini kotak hitam tersebut sudah di berada di dalam kapal Tim SAR. Kotak hitam Lion Air tersebut dimasukan ke dalam container box berwarna biru.

 

Reporter: Nur Habibie

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.