Sukses

Jokowi Sesalkan Hukuman Pemerintah Arab Saudi ke Tuti Tursilawati

Presiden Jokowi ungkapkan sudah lakukan komunikasi dengan pemerintahan Arab Saudi terkait eksekusi mati Tuti Tursilawati.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia melayangkan protes kepada pemerintah Arab Saudi menyusul tindakan eksekusi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Tuti Tursilawati tanpa adanya notifikasi. Presiden Jokowi mengungkapkan pemerintah sudah terus menerus melakukan komunikasi dengan pemerintahan Arab Saudi terkait nasib TKI.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (1/11/2018), protes itu disampaikan Jokowi usai menghadiri acara sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Kemayoran, Jakarta.

Menurut Presiden, protes kepada pemerintah Arab Saudi dilakukan oleh Menteri Luar Negeri.

Jokowi juga memaparkan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk melindungi warga negaranya di luar negeri. Mulai dari memanggil duta besar, pembicaraan tingkat menteri, sampai menyampaikan langsung kepada Raja Salman.  

Senin lalu, TKI asal Majalengka, Tuti Tursilawati, dihukum mati di Arab Saudi atas dugaan membunuh ayah majikannya dengan cara memukul dengan sebatang kayu pada Mei 2010. Tindakan Tuti untuk membela diri karena dilecehkan oleh sang majikan.  (Karlina Sintia Dewi)