Ingatkan Milenial soal Teknologi, Jokowi Contohkan Film Star Trek

Oleh Maria Flora pada 27 Okt 2018, 09:02 WIB
Diperbarui 27 Okt 2018, 09:02 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menggunakan referensi film dalam pidatonya saat membuka festival kreatif Ideafest 2018.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (27/10/2018), dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan para generasi milenial agar tidak tertinggal dengan inovasi teknologi yang berkembang begitu cepat.

Jokowi mencontohkan film fiksi ilmiah Star Trek yang sempat populer di tahun 80-dan 90-an. Dalam film tersebut mengandung berbagai teknologi yang seolah mustahil pada masa itu. Namun terbukti, teknologi seperti video call yang muncul dalam film tersebut kini sudah biasa digunakan oleh masyarakat.

Presiden Jokowi berharap Ideafest sebagai forum diskusi mampu memunculkan ide dan gagasan yang inovatif.

Tak sekadar ide, diperlukan kolaborasi antara industri dan pemerintah agar ide-ide tersebut bisa dieksekusi dengan baik. Jokowi meyakini ekonomi kreatif akan menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi bangsa Indonesia.

"Dalam film Star Trek, banyak yang tidak masuk akal seperti universal translator, video call, di situ ada semuanya. Kita tidak membayangkan itu muncul sekarang. Saya ingin Indonesia ke depan tidak ditinggal," ujar Jokowi. (Muhammad Gustirha Yunas)