Sukses

BNPB Terima Bantuan Asing Rp 25 M untuk Penanganan Gempa-Tsunami Sulteng

BNPB baru menerima dana international Rp 25 miliar dari sejumlah pemerintah negara sahabat dan atas nama perorangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, pihaknya baru menerima dana international Rp 25 miliar dari sejumlah pemerintah negara sahabat dan atas nama perorangan untuk penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Tapi, jumlah itu masih di bawah janji yang disampaikan sejumlah negara kepada Kementerian Luar Negeri.

"Sampai saat ini yang sudah transfer ke rekening BNPB Rp 25 miliar. Ini dari negara maupun perorangan," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018).

Beberapa negara sahabat yang sudah memenuhi janjinnya untuk memberikan bantuan dana penanganan gempa dan tsunami di Sulteng melalui Kementerian Luar Negeri yakni Korea Selatan sebesar US$ 1 juta, Vietnam US$ 100 ribu, dan Kamboja US$ 200 ribu.

Sementara itu, beberapa negara sahabat lainnya yang belum menepati janjinya yaitu Venezuela yang berjanji akan memberikan bantuan sebesar US$ 10 juta, Tiongkok US$ 200 ribu, Uni Eropa 1,5 juta Euro, Australia 500 ribu dolar, dan Laos US$ 100 ribu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Lain

"Kalau kita bayangkan, kita bisa mendapat bantuan dari negara luar begitu besar, nyatanya yang masuk baru Rp 25 miliar," jelasnya.

Kendati demikian, sudah banyak juga beberapa negara sahabat yang telah memberikan bantuan berupa terpal, genset, selimut, serta makanan. "Ini banyak negara-negara membantu Indonesia dalam penanganan Sulteng," Sutopo memungkasi.

 

Reporter: Nur Habibie

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.