Bertemu Menteri Malaysia, Mendagri Rencanakan Kerja Sama Pelatihan Kepala Desa

Oleh Ika Defianti pada 25 Okt 2018, 20:47 WIB
Kemendagri Apresiasi KPU Akan Perbaiki DPT 60 Hari Kedepan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerima kunjungan Menteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia, Datuk Seri Rina Mohd Harun di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

Tjahjo menyatakan, pertemuan tersebut guna membahas rencana pelatihan kepala desa kedua negara. Direncanakan, ada kunjungan kepala desa teladan perwakilan dari Indonesia ke Malaysia.

"Ada warga Malaysia yang sekolahnya di Indonesia, ada warga Indonesia yang sekolahnya di Malaysia, karena hanya satu jengkal saja. Ada yang rumahnya tempat tidurnya di Indonesia dapurnya di Malaysia, ini kan perlu kerja sama dalam konteks ketahanan nasional dan secara menjaga perbatasan," kata Tjahjo, Kamis (25/10/2018).

Mendagri mengharapkan, dengan adanya kunjungan ini dapat berdampak positif untuk keharmonisan kedua negara. Khususnya untuk warga di kawasan perbatasan.

Dia juga mengatakan, terdapat suatu daerah yang desanya hanya berjarak beberapa langkah ke negara Malaysia ataupun Indonesia.

"Ada warga Malaysia yang sekolahnya di Indonesia, ada warga Indonesia yang sekolahnya di Malaysia. Ini kan perlu kerja sama dalam konteks ketahanan nasional dan secara menjaga perbatasan," ucap Mendagri Tjahjo.

Wapres JK Sampaikan Belasungkawa ke Menlu Selandia Baru
2 of 3

Kesamaan Program Dana

Sementara itu, Rina menyatakan adanya kesamaan Indonesia dengan Malaysia untuk program dana desa. Bahkan dia menyebut, para kepala desa masih dapat mengajukan permohonan untuk kesejahteraan kampung.

"Dana ini berbeda dengan kalau membuat jalan berbeda. dana ini khas untuk kepada desa-desa dan kami juga ada program desa harapan kerjasama dengan serikat swasta," kata Rina.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓