Sukses

Saat Jokowi Banggakan Menteri Perempuan Kabinet Kerja di Forum Muslimah

Jokowi membuka Forum Muslimah Muda Internasional yang digelar Fatayat NU di Hotel Aryaduta Jakarta, Rabu malam 24 Oktober 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Forum Muslimah Muda Internasional yang digelar Fatayat NU di Hotel Aryaduta Jakarta, Rabu malam 24 Oktober 2018. 

Di kesempatan itu, Jokowi membeber peran penting perempuan dalam perjalanan bangsa Indonesia. Atas dasar itulah, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menempatkan sembilan menteri perempuan di Kabinet Kerja yang dia pimpin. 

Jokowi menyebutkan sembilan menteri perempuan itu berbeda beda karakternya, mulai dari yang lembut hingga yang galak. 

"Ada yang lembut seperti Bu Menkes Nila Moeloek, ada yang galak seperti Bu Susi Pudjiastuti, sudah lebih dari 300 kapal ditenggelamkan," katanya. 

Selain itu, kata dia, ada juga yang pantang menyerah dalam dialog internasional seperti Menlu Retno Marsudi.

"Menlu kadang lembut tapi kalau sudah di dialog internasional pantang mundur," kata Jokowi dalam acara yang dihadiri juga oleh Menlu Retno Marsudi. 

Jokowi juga menyebutkan dalam perolehan 31 medali emas Asian Games 2018, 12 medali emas di antaranya diraih atlet perempuan. 

"Saya kagum dan bangga sekali kepada spiderwomen Indonesia yang begitu cepat memanjat dinding," kata Jokowi seperti dilansir Antara. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti 30 Negara

Selain Menlu Retno Marsudi, hadir dalam acara itu Menteri Agama Lukman Hakim Syaifiddin, Ketua PBNU KH Marsudi Suhud dan Ketua Umum Fatayat NU Anggia Ermarini.

Ketua Fatayat NU Anggia Ermarini menyebutkan Forum Muslimah Muda Internasional merupakan forum yang diselenggarakan Fatayat NU untuk meningkatkan hubungan kerja sama perempuan muslim di dunia.  

Ia menyebutkan kegiatan diikuti 200 peserta dengan 30 peserta dari luar negeri seperti Jerman,  Amerika,  Srilanka, Afghanistan, Iran, Hongkong,  Azerbaijan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.