Sukses

3 Pengakuan Steffy Burase, dari Takut Hamil hingga Terima Uang Ratusan Juta

Steffy Burase telah beberapa kali diperiksa penyidik KPK terkait kasus suap yang menjerat Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf.

Liputan6.com, Jakarta - Model Fenny Steffy Burase beberapa kali diperiksa penyidik KPK. Keterangannya dibutuhkan terkait dengan kasus suap yang menjerat Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf.

Steffi merupakan panitia Aceh Marathon International. Uang suap yang diduga diterima Irwandi Yusuf disebut mengalir ke kegiatan tersebut.

Pada sejumlah persidangan terkait kasus tersebut, terungkap beberapa fakta tentang Steffy Burase. Ini rangkumannya:

1. Takut Hamil

Steffy Burase menegaskan tidak pernah menikah dengan Irwandy Yusuf. Namun, jaksa penuntut umum pada KPK menyatakan keduanya telah menikah.

Hal itu diawali saat jaksa penuntut umum pada KPK menampilkan percakapan Steffy dengan seseorang bernama Amri, keponakan Saiful Bahri, pengusaha sekaligus tim sukses Irwandi saat pemilihan Gubernur Aceh.

"Aku sudah telat 9 hari, aku ketakutan, besok pagi aku ke dokter. Aku ketakutan just in case aku hamil pun, aku enggak mau BW tahu. Siapa BW?" tanya jaksa saat menampilkan percakapan Steffy dengan Amri, Senin 22 Oktober 2018.

"Bang Wandi," jawab Steffy Burase yang merujuk Irwandi Yusuf.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Terima Rp 500 juta

Steffy Burasse mengakui ada penerimaan uang dari Saiful Bahri, pengusaha sekaligus tim sukses Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, sekitar Rp 500 juta. Uang itu sedianya akan digunakan untuk acara Aceh Marathon.

Ia mengatakan, uang yang masuk ke rekeningnya dari Saiful lantaran adanya kerja sama penyelenggaraan acara, tidak hanya Aceh Marathon.

"Jumlahnya saya enggak ingat yang mulia, tapi untuk Aceh Marathon kalau enggak salah ratusan, juga hanya di awal yang akhir medali, jersey, ke rekening saya totalnya Rp 413 juta sama Rp 150 juta itu khusus untuk Aceh Marathon," ujar Steffy di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober.

 

3 dari 3 halaman

3. Uang dari Irwandi Yusuf

Dalam persidangan, Irwandi Yusuf disebutkan merogoh kocek pribadinya sekitar Rp 500 juta hingga Rp 700 juta untuk penambahan penyelenggaraan Aceh Marathon dengan nilai Rp 13 miliar.

Jika dihitung penerimaan Steffy Burasse dengan nilai acara, masih banyak kekurangan. Jaksa kemudian mempertanyakan pendanaan lainnya.

Model asal Manado itu mengakui bantuan dana lainnya diberikan Irwandi berasal dari teman-temannya. "Dari Pak Gubernur pure (murni) Rp 500 sampai Rp 700 juta sisanya dari teman-temannya," kata Steffy.

"Siapa teman-temannya?" tanya jaksa. "Enggak tahu," jawab Steffy.

Steffy merupakan panitia Aceh Marathon International yang seharusnya berlangsung di Sabang pada 29 Juli 2018. 

 

Reporter: Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.