Sukses

Ma'ruf Amin soal Viral Mirip Bendera HTI Dibakar: Nanti Saya Tanya Ansor

Ma'ruf mengaku dirinya belum mendapatkan konfirmasi secara utuh terkait kejadian ini.

Liputan6.com, Palangka Raya - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin angkat bicara terkait aksi pembakaran mirip bendera HTI yang bertuliskan kalimat tauhid oleh Banser di Garut.

Ma'ruf mengaku dirinya belum mendapatkan konfirmasi secara utuh terkait kejadian ini.

"Ya saya belum dapat konfirmasi sebenarnya, sesungguhnya yang terjadi itu apa," ucap Kiai Ma'ruf di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (23/10/2018).

Lantaran belum mendapatkan konfirmasi sebenarnya, mantan Rais Aam Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) itu masih belum bisa memberikan jawaban yang pasti.

"Karena itu saya belum bisa memberikan jawaban. Sesungguhnya apa," tutur Ma'ruf Amin.

Cawapres pendamping Jokowi itu mengatakan akan menanyakan kepada beberapa pihak mengenai insiden tersebut.

"Saya akan tanya dulu kepada Ansor. Nanti saya tunggu informasi yang lengkap dulu," pungkas Ma'ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah Protap

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyayangkan aksi pembakaran bendera mirip HTI yang terjadi di tengah peringatan Hari Santri di Garut oleh anggotanya. Dia menyebut aksi tersebut merupakan vandalis.

"Tentu kami menyayangkan. Apa yang dilakukan anak-anak itu tidak sesuai dengan protap yang diinstruksikan," kata Yaqut saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (23/10/2018).

Yaqut menjelaskan, dirinya sebagai pucuk pimpinan di Banser sudah memerintahkan para kader dan anggota untuk melaporkan ke aparat bila menemui adanya atribut atau simbol HTI di lapangan.

"Protapnya difoto dan laporkan ke aparat. Sudah saya perintahkan seperti itu sejak HTI resmi dibubarkan dan teman-teman ini bertindak di luar protap," kata Yaqut.

"Tetapi bahwa apa yang dilakukan teman-teman ini menyalahi aturan, ya mereka melanggar," Yaqut menambahkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.