Sukses

Antisipasi Banjir, Begini Upaya Pemprov DKI Memasuki Musim Hujan

BMKG memperkirakan datangnya musim penghujan terjadi di bulan Oktober dan terus meningkat intensitasnya pada bulan November dan Desember.

Fokus, Jakarta - Musim penghujan hampir tiba. Berkaca dari tahun sebelumnya dimana Jakarta selalu dilanda banjir. Untuk itu, pemerintah harus mengantisipasinya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (23/10/2018), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan datangnya musim penghujan terjadi pada Oktober dan terus meningkat intensitasnya pada November dan Desember.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah bersiap mengantispasi banjir jika kembali melanda Ibu Kota. 

Di Pintu Air Manggarai misalnya, sudah dipersiapkan skema saat debit air naik ke level siaga. Jika terjadi banjir di aliran Sungai Ciliwung yang menuju kanal banjir barat dan timur, status siaga 1 berada di posisi ketinggian 900 sentimeter di Pintu Air Manggarai.

Sementara, warga yang berada di wilayah Kampung Pulo, Jakarta Timur, dan kerap dilanda banjir juga sudah melakukan antisipasi.

Selain banjir, musim hujan juga rawan pohon tumbang. Sebaiknya masyarakat menghindari untuk berteduh atau memarkir kendaraannya di bawah pohon. (Muhammad Gustirha Yunas)