Sukses

Ratusan Santri Probolinggo Gelar Tradisi Polo'an

Sambut Hari Santri Nasional, ratusan santri di Pondok Pesantren Bani Racang, Kabupaten Probolinggo, gelar tradisi Polo’an atau makan bersama di atas daun pisang.

Fokus, Probolinggo - Puncak Hari Santri Nasional digelar sejumlah pondok pesantren di Probolinggo, Jawa Timur, dengan menggelar berbagai cara. Santri di Probolinggo menggelar Tradisi Polo'an dan menggelar pawai dan sholawatan.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (23/10/2018), ratusan santriwati pondok Pesantren Bani Rancang, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, duduk berhadap-hadapan di salah satu lorong pesantren. Mereka tengah melakukan Tradisi Polo'an atau makan bersama di atas daun pisang.

Di ruangan terpisah, para santri juga melakukan tradisi serupa. Tradisi ini menggambarkan kuatnya jalinan kebersamaan serta kekeluargaan dikalangan santri pondok pesantren. 

Puncak hari santri nasional juga dirayakan ribuan santri pondok Pesantren  Riyadlus Solihin, Ketapang, Kota Probolinggo. Perayaan diawali dengan pawai keliling kota. Salah satu peserta pawai adalah grup drum band santri yang berpenampilan unik serta berpakaian gamis. Usai pawai, mereka menggelar upacara di halaman pondok pesantren.  

Hari santri nasional kali ini membawa pesan agar para santri menghindari fitnah dan perpecahan di kalangan umat islam. (Karlina Sintia Dewi)