Santri Rumangsa Bagikan Air Bersih ke Lokasi Terdampak Kekeringan di Banyumas

Oleh Muhammad Ali pada 21 Okt 2018, 14:43 WIB
Diperbarui 21 Okt 2018, 14:43 WIB

Liputan6.com, Banyumas - Guna menyambut Hari Santri yang jatuh pada besok 22 Oktober 2018, santri Banyumas yang tergabung dalam Santri Rumangsa membagikan air bersih ke sejumlah titik di lokasi kekeringan, Minggu siang.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (21/10/2018), pembagian air bersih ini mendapat sambutan hangat warga seperti di Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Banyumas.

Di lokasi ini warga merasa sangat kesulitan mendapatkan air bersih, baik untuk minum maupun mandi dan mencuci. Panitia menyediakan empat kendaraan tanki yang disebar ke sejumlah titik.

"Santri itu bukan hanya mengaji, bukan berada di pondok pesantren, tapi juga punya kepedulian terhadap masyarakat," ujar koordinator Santri Berbagi Siti Mukaromah.

Sementara itu, di Tasikmalaya, Jawa Barat, para santri di Tanjung Jaya bersama dengan masyarakat melaksanakan salat istisqa di lapangan sepak bola untuk memohon berkah hujan.

Dipimpin seorang santri dari pondok pesantren, salat dilaksanakan dengan khusyuk. Dilanjutkan dengan lantunan doa sebagai bentuk berserah diri dan mengharap berkah ilahi.

Kekeringan akibat kemarau panjang di Tasikmalaya sudah terjadi cukup lama, sehingga banyak warga yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. (Muhammad Gustirha Yunas).