Masjid Ini Jadi Bukti Keajaiban Bencana Gempa dan Tsunami di Palu

Oleh Muhammad Ali pada 21 Okt 2018, 13:51 WIB

Liputan6.com, Palu - Gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Kota Palu dan sekitarnya tak hanya menewaskan ribuan korban, tapi juga meluluhlantahkan ribuan bangunan di kota tersebut. Namun, ada sebuah masjid di Kota Palu yang lolos dari gempa dan tsunami. Bahkan masjid itu tetap kokoh kendati bangunan di sekitarnya hancur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (21/10/2018), ribuan rumah hancur dan ribuan korban tewas akibat gempa dan tsunami yang telah memporakporandakan Kota Palu dan sekitarnya. Namun keajaiban pun muncul.

Masjid Jami di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah, tetap berdiri kokoh meski seluruh bangunan di sekitarnya rata dengan tanah.

Padahal masjid ini dekat dengan bibir pantai dan Pelabuhan Pantoloan. Pengurus masjid bahkan menunjukan sejumlah buku di dalam masjid yang tetap kering meski air tsunami menerjang kawasan tersebut. Dinding luar maupun dalam masjid tetap bersih meski air laut sempat naik setinggi kubah.

Menurut saksi mata, gempa terjadi saat adzan maghrib akan berkumandang dan para jemaah akan menunaikan salat.

"Pada saat adzan dikumandangkan, gempa besar mulai terjadi, saat itu juga orang-orang panik berhamburan keluar," kata saksi mata Upik.

Pasca-air laut menyapu bersih kawasan ini, seluruh bangunan luluh lantak seketika, kecuali masjid yang dibangun pada tahun 1936 ini.

Warga percaya, tuhan sedang menunjukkan kekuasaannya dengan menyelamatkan masjid ini. Menurut warga, masjid selamat karena keikhlasan warga dalam membangun masjid. Warga pun berharap keajaiban ini dapat mempertebal keimanan umat islam. (Muhammad Gustirha Yunas).