Sukses

TNI AD Tangani Trauma Korban Bencana Gempa dan Tsunami Palu Lewat Mengaji

Menurut Agung pemulihan aspek mental lewat pendekatan spiritual seperti mengaji akan menyeimbangkan proses rehabilitasi fisik juga. Hal itu akan efektif dalam menumbuhkan kepercayaan diri korban terdampak bencana.

Liputan6.com, Jakarta - TNI AD dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 16/SBC Divif 3 Kostrad yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam Divif 3/Kostrad, membantu mengatasi trauma para korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Mereka membuka Taman Pendidikan al Quran atau TPA di posko pengungsian Kayu Malue, Palu Utara.

Danyon Arhanud 16/SBC Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi menyampaikan, tim membuka TPA pada Jumat 19 Oktober 2018. Selama tiga minggu awal, satgas fokus pada penanganan evakuasi dan penyelamatan. Termasuk pemenuhan kebutuhan dasar yakni pangan, sandang, dan tempat tinggal.

"Seiring dengan kondisi sosial masyarakat yang mulai pulih, saat ini kita bantu pemulihan mental warga. Terutama anak-anak melalui pendekatan spiritual," tutur Agung dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Sabtu (20/10/2018).

Menurut Agung pemulihan aspek mental lewat pendekatan spiritual seperti mengaji akan menyeimbangkan proses rehabilitasi fisik juga. Hal itu akan efektif dalam menumbuhkan kepercayaan diri korban terdampak bencana gempa dan tsunami Palu.

"Demikian juga dengan anak-anak. Secara psikologis belum stabil dan jika dibiarkan, trauma mereka akan berkepanjangan. Oleh karenanya, kita bangun itu dari pembelajaran agama di TPA, meski darurat" jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Pertama Pembukaan

Di hari pertama pembukaan TPA, ada 50 anak di pengungsian yang berpartisipasi. Sementara ada dua pengajar dari Yon Arhanud 16/SBC dibantu para ibu majelis taklim Kelurahan Kayu Malue.

Salah satu pengajar, Prada Khairul Anwar mengungkapkan rasa senangnya dapat mengajar agama kepada anak-anak.

"Bersama mereka seperti bersama keluarga sendiri. Anak-anak sangat antusias untuk belajar agama, demikian juga ibu-ibu dari majelis taklim juga begitu perhatian terhadap pembelajaran agama bagi mereka," kata Khairul.

Warga atas nama Fitman Safrudin (45) mengapresiasi kepedulian TNI AD menggelar trauma healing lewat mengaji. Pendekatan spiritual itu dinilai menyeluruh. Tidak hanya sekedar bermain, tapi juga membuat dekat kepada Tuhan.

"Pasca gempa dan tsunami, sampai sekarang anak-anak sama sekali tidak ada belajar mengaji. Kegiatan ini bisa juga untuk menghilangkan trauma anak-anak," beber Fitman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini