Evakuasi Korban Likuefaksi Petobo Palu Tercatat Mencapai 856 Jiwa

Oleh Maria Flora pada 20 Okt 2018, 09:56 WIB

Liputan6.com, Palu - Setelah sempat tertunda selama dua hari, proses evakuasi korban gempa di Palu kembali dilanjutkan. Jumat kemarin, Tim SAR gabungan berhasil menemukan tujuh jenazah korban likuifaksi di kawasan Petobo.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (20/10/2018), sebagian jasad yang ditemukan sudah tidak utuh lagi sehingga tidak bisa diidentifikasi. Hanya empat jasad yang bisa teridentifikasi berdasarkan keterangan anggota keluarganya.

Selanjutnya ketujuh jenazah ini dibawa ke pemakaman Poboya untuk dimakamkan secara massal.

Secara keseluruhan, Tim SAR sudah mengevakuasi 942 orang dimana 86 di antaranya selamat, dan 856 orang meninggal dunia. Rencananya, hari ini Tim SAR akan kembali melanjutkan proses evakuasi di Petobo.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kemarin berkunjung ke Kota Palu. Mereka langsung mengujungi wilayah Petobo, tempat bencana likuifaksi terjadi.

Dari Petobo, Panglima TNI menuju pemakaman massal Poboya. Di lokasi ini, Panglima TNI sempat memanjatkan doa bersama dengan rombongan di lokasi pemakaman massal.

Panglima TNI juga meminta kepada stafnya agar di lokasi tersebut dibuatkan monumen yang memuat nama-nama korban gempa dan tsunami. (Rio Audhitama Sihombing)