Sukses

Kemarau Panjang, Pembangkit Listrik Saguling Bandung Mengering

Waduk yang mengering di Kecamatan Padalarang, Jawa Barat akibat kemarau panjang juga dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam.

Liputan6.com, Bandung - Sudah 5 bulan lamanya kondisi waduk atau danau pembangkit tenaga listrik Saguling yang berada di wilayah perbatasan Batujajar dan Cililin, Bandung Barat, mengering. Sebelumnya, ketinggian air di waduk ini bisa mencapai 5 meter.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (18/10/2018), di sisi lain, surutnya waduk di Kecamatan Padalarang, dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam mulai dari sayuran, timun, jagung, hingga padi.

"Sekarang sudah tidak bisa dipakai, sudah mengering. Kondisi seperti ini sudah 5 bulan," kata Entis Arif, warga Batujajar. 

Kondisi yang sama berlangsung di Subang, Jawa Barat. Ratusan hektare sawah kekeringan, akibatnya tanaman padi di daerah tersebut mati. Kondisi ini diperparah dengan adanya serangan hama wereng yang semakin membuat petani merugi.

Kemarau panjang juga menyebabkan krisis air. Warga harus rela antre berjam-jam untuk mendapatkan air bersih dari sumber air yang masih mengalir. (Rio Audhitama Sihombing)