Sukses

Hujan Tak Kunjung Henti, Wilayah Terdampak Banjir Aceh Meluas

Setelah Aceh Barat, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, dan Aceh Selatan dilanda banjir, kini Aceh Jaya juga ikut terdampak banjir dengan ketinggian 1,5 meter.

Fokus, Aceh - Hujan yang terus mengguyur Provinsi Aceh mengakibatkan banjir semakin meluas. Dua kecamatan paling parah dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai satu setengah meter.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (16/10/2018), wilayah Aceh Jaya diterjang banjir akibat luapan air sungai yang sebelumnya melanda Aceh Barat, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, dan Aceh Selatan.

Kecamatan Pasi Raya dan Teunom merupakan dua dari tujuh kecamatan di Aceh Jaya yang paling parah dilanda banjir. Ketinggian air di sejumlah tempat sudah mencapai 1,5 meter.  

Sementara daerah lain ketinggian air rata-rata mencapai 1 meter. Air tidak saja menggenangi permukiman warga tapi juga Jalan Nasional Aceh Jaya menuju Aceh Barat.  Selain jalan dan permukiman penduduk, sekolah pun tergenang hingga aktivitas belajar mengajar diliburkan.  

Jumlah warga yang terdampak banjir di Aceh Jaya mencapai 2.501 kepala keluarga atau sekitar 8.000 jiwa. Sementara cakupan banjir di Aceh Jaya sudah mencapai 29 desa di 7 kecamatan.  

Sejumlah  warga sudah mulai mengungsi ke posko pemerintah dan rumah warga lainnya yang tidak terkena dampak banjir. Sementara warga yang masih bertahan di rumah diimbau mengungsi ke tempat yang aman karena debit air masih berpotensi meningkat. (Karlina Sintia Dewi)