Sukses

Presiden Jokowi Direncanakan Beri Penghargaan Desa dan Kelurahan Terbaik di Bali

Salah satu rangkaian acara pekan inovasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2018 adalah pemberian apresiasi kepada Desa dan Kelurahan berprestasi oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Demi mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih maju melalui inovasi yang dilakukan oleh Desa dan Kelurahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan apresiasi kepada Desa dan Kelurahan. Pemberian apresiasi tersebut merupakan rangkaian acara dari perhelatan pekan inovasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2018.

“Salah satu rangkaian acara pekan inovasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2018 adalah pemberian apresiasi kepada Desa dan Kelurahan berprestasi. Direncanakan Presiden Jokowi akan memberikan secara langsung penghargaan kepada Desa dan Kelurahan berprestasi tersebut," kata Eko Prasetyanto selaku Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, di Jakarta pada Senin (15/10/2018).

Pemberian apresiasi untuk desa dan kelurahan berprestasi tersebut Menurut Eko berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria ini tercantum dalam pasal 6 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 yang membagi kriteria penilaian menjadi 3 (tiga) yaitu pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Lanjut Eko, penilaian yang dilakukan telah melalui penyaringan bertahap sejak tingkat kecamatan pada bulan Januari sampai dengan tingkat provinsi pada bulan Juli 2018.

“Penyaringan telah dilalui oleh Desa dan kelurahan terpilih sejak tingkat kecamatan pada bulan Januari. Diharapkan akan muncul juara-juara baru untuk menjadi contoh desa dan kelurahan berprestasi berikutnya," jelas Eko. 

Bahtiar, Kapuspen Kemendagri menambahkan, Pemberian Apresiasi ini merupakan wujud komitmen Pemerintah untuk mempercepat proses kemajuan desa dan kelurahan.

“Selain sebagai wujud komitmen pemerintah, nantinya desa dan kelurahan berprestasi akan berlomba menjadi yang terbaik sehingga muncul ide-ide inofatif lainnya yang sangat berguna dan dapat di replikasi di desa dan kelurahan di seluruh Indonesia," tutup Bahtiar.

Temu Kaya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna Ke XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Di Bali Tahun 2018 berlangsung maraton selama 3 hari, yaitu tanggal 18 Oktober 2018 sampai dengan 21 Oktober 2018.

Selama 3 (tiga) hari nanti, acara akan diawali dengan Gala Dinner pada tanggal 18, Deville oleh peserta dari berbagai desa di seluruh indonesia, diskusi tentang inovasi di Tanggal 19 dan pembukaan yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, cerdas cermat dengan tema “Memahami Penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan” di tanggal 20 Oktober 2018, dan diakhiri dengan penutupan sekaligus kunjungan lapangan peserta ke desa berprestasi di Bali.  

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.