Sukses

BMKG Sebut Indonesia Akan Masuki Musim Penghujan

Selain di Pulau Jawa, termasuk wilayah Jabodetabek, cuaca ekstrem juga berpeluang terjadi di berbagai wilayah Indonesia hingga Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofifika (BMKG) menyatakan, saat ini, cuaca ekstrem melanda sebagian besar di Tanah Air.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (16/10/2018), setelah bagian utara Pulau Sumatera, wilayah Indonesia lainnya juga segera memasuki musim penghujan. Pada masa peralihan ini biasanya ditandai dengan pola cuaca yang tidak menentu atau ekstrem yang disertai dengan tiupan angin kencang.

Selain di Pulau Jawa, termasuk wilayah Jabodetabek, cuaca ekstrem juga berpeluang terjadi di berbagai wilayah Indonesia hingga Papua. Informasi cuaca bisa didapat dengan mengakses atau menghubungi kantor BMKG di masing-masing provinsi.

"Gejala semacam itu akan terjadi, daerahnya tidak hanya Jabodetabek saja, tapi juga provinsi lainnya. Karena itu, BMKG berupaya meng-update peringatan dini dan perubahan yang cepat ini," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Muhammad Gustirha Yunas)