Sukses

100 Hektare Hutan dan Lahan di Lereng Gunung Merbabu Terbakar

Sekitar 100 hektare lereng Gunung Merbabu hangus dilalap api. Kebakaran juga memutus jaringan pipa air bersih yang mengalir ke desa.

Fokus, Semarang - Kebakaran lahan dan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, kian luas. Ukuran lahan yang terbakar mencapai 100 hektare, membuat petugas dan relawan kesulitan memadamkan api karena berada di lerang gunung.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (16/10/2018), kobaran api yang membakar kawasan hutan berada di sisi barat wilayah Getasan, Kabupaten Semarang.

Api membakar lahan pada Minggu 14 Oktober 2018 sore dan belum berhasil dipadamkan. Petugas kesulitan menjangkau api. Apalagi api sudah menjalar ke dasar jurang.  

Menurut perhitungan petugas Taman Nasional Gunung Merbabu, ada 100 hektare lahan gunung terbakar.  

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang akan mengajukan bantuan water bombing dengan menggunakan pesawat terbang atau helikopter.  

Kebakaran di Taman Nasional Gunung Merbabu tidak hanya merusak ekosistem hutan. Kebakaran juga memutuskan jaringan pipa air bersih yang mengalir ke sejumlah dusun di Desa Batur.  

Jaringan pipa yang mengalirkan air bersih dari sumber air yang berada di lereng Gunung Merbabu ke perkampungan, terbakar sehingga aliran air bersih terputus. Untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa antre di bak penampungan yang berjarak 2 kilometer dari perkampungan. (Karlina Sintia Dewi)