Sky Bridge Tanah Abang Ditempati Pedagang yang Jualan di Jatibaru

Oleh Maria Flora pada 15 Okt 2018, 13:56 WIB

Fokus, Jakarta - Pembangunan jembatan multi fungsi atau sky bridge Tanah Abang mencapai 78 persen.  Namun, Walikota Jakarta Pusat telah melakukan pra-peresmian atau soft launching yang ditandai pemberian kunci kios kepada 100 pedagang.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (15/10/2018), sky bridge yang berdiri di atas Jalan Jati Baru dan menghubungkan Stasiun Tanah Abang dengan Blok G ditargetkan beroperasi pada akhir Oktober.

Jembatan sepanjang 350 meter itu nantinya tak hanya berfungsi sebagai penghubung, tetapi juga menampung para PKL yang berjualan agar lebih terlihat teratur dan rapi.

"Nantinya ada 446 kios yang akan ada di sky bridge ya,” ujar Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara.  

Peresmian sky bridge Tanah Abang disambut suka cita. Meski para pedagang diselimuti kekhawatiran sepinya pembeli. 

"Tempatnya kan jauh sekarang. Ya semoga rezeki tidak kemana ya,” kata Lis Haryani.  

Sementara itu, PKL lainnya hanya bisa pasrah lantaran tidak mendapatkan kios di sky bridge. Rata-rata mereka telah belasan tahun berjualan di Tanah Abang.

"Saya tidak dapat kios padahal udah mendaftar,” aku Ucup.  

Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan, pedagang yang menempati sky bridge adalah pedagang yang tadinya berjualan di Jalan Jatibaru dan memiliki KTP DKI Jakarta. Mekanisme kepemilikan kios dilakukan melalui sistem pengundian. (Karlina Sintia Dewi)