Pertemuan Tahunan IMF-World Bank, Ini yang Didapat Indonesia

Oleh Maria Flora pada 15 Okt 2018, 08:55 WIB
Diperbarui 15 Okt 2018, 08:55 WIB

Fokus, Bali - Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku pertemuan tahunan IMF dan World Bank di Nusa Dua, Bali, 7 hingga 14 Oktober kemarin, mendapatkan pujian dari para delegasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (15/10/2018), hasil pertemuan IMF tersebut juga melahirkan komitmen dari sejumlah negara investor untuk membantu pembangunan Indonesia termasuk rehabilitasi kawasan terkena musibah di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Palu, Sulawesi Tengah.

Evaluasi penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia disampaikan Ketua Panitia Nasional Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Bali Art, Nusa Dua Badung.

"Mereka menyampaikan simpati dan siap mendukung dan membantu Indonesia untuk bisa membangun dua daerah bangkit kembali," kata Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Sementara, pekerjaan rumah yang harus dijalankan pemerintah ke depan terkait komitmen investasi dan pinjaman program dari negara investor adalah tindak lanjut investasi tersebut agar bisa dilaksanakan.

"Saya sudah pengalaman 4 tahun, itu pengalaman kita yang paling berat. Jadi mengkoordinasi dan integrasi itu semua sulit, tidak gampang," jelas Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Muhammad Gustirha Yunas)