Sukses

Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Sumbing Makin Meluas

Kawasan hutan di lereng Gunung Sumbing Temanggung, terbakar sejak Kamis 11 Oktober lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan hutan di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang terbakar sejak Kamis 11 Oktober hingga kini, belum bisa dipadamkan. Tim SAR masih terus berusaha menjinakkan api.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, hingga Sabtu (13/10/2018), masih terjadi kebakaran di petak 23-2 Resor Pemangku Hutan Kemloko.

Kebakaran pertama terjadi di petak 23-10, namun kemudian terus bergeser karena tiupan angin dan saat ini kebakaran terjadi di petak 23-2 RPH Kemloko, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung.

Dia menuturkan, saat ini tim gabungan dari unsur Perhutani, TNI, Damkar Temanggung, komunitas pecinta alam, dan masyarakat terus berupaya melakukan pemadaman api dengan menggunakan cara manual.

"Sekitar 60 personel berupaya memadamkan kebakaran di Gunung Sumbing saat ini," katanya dikutip dari Antara.

Menurut dia, kebakaran hutan di wilayah Desa Kemloko, Kecamatan Tembarak tersebut berupa vegetasi semak belukar atau alang-alang.

Menurut dia kendala yang dihadapi dalam pemadaman api di lereng Gunung Sumbing tersebut, karena kondisi medan yang curam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihentikan Sementara

Dia mengatakan, pemadaman api tersebut berlangsung hingga sekitar 17.00 WIB, karena pemadaman tidak mungkin dilakukan hingga malam hari karena dapat membahayakan personel sendiri.

"Sekitar pukul 17.00 WIB personel harus ditarik ke bawah karena kondisinya gelap dan tidak memungkinkan dilakukan pemadaman," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.