Sukses

Erick Thohir: Pidato Presiden Tunjukkan Kelasnya sebagai Pemimpin Dunia

Saat Jokowi mempertanyakan haruskah rivalitas dibangun atau lebih mengedepankan kerja sama, menurutnya itu pesan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pertemuan IMF-World Bank Group, menilai jika saat ini hubungan perekonomian dari negara-negara maju tengah mengalami keretakan. Bahkan, dia mengibaratkan kondisi tersebut seperti serial televisi Game of Thrones. Pidato ini pun menuai pujian.

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir mengatakan, dengan mengambil cerita dari serial tersebut, Presiden Jokowi mengajak untuk bersama-sama dalam mengatasi ancaman.

"Dengan analogi ini, Presiden Jokowi menyampaikan pesan moral kepada seluruh pemimpin dunia, bahwa kekuatan bersama itu penting untuk menghadapi ancaman global yang sedang meningkat pesat. Mulai dari perubahan iklim, sampah plastik, dan sebagainya," ucap Erick, Jumat (12/10/2018).

Dia menuturkan, saat Presiden mempertanyakan haruskah rivalitas dibangun atau lebih mengedepankan kerja sama, menurutnya itu pesan yang tepat.

"Pesan moral Bapak Presiden memang sangat tepat dan mewakili aspirasi dunia. Dunia sedang berhadapan dengan pilihan, lanjutkan rivalry (pertarungan) atau mulai collaborate (bekerjasama) menghadapi tantangan besar dunia, seperti perang dagang, gangguan teknologi, perubahan iklim, emisi karbon, peningkatan ketimpangan," jelas Erick.

Karenanya, apa yang disampaikan Jokowi, menurutnya telah menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin dunia.

"Sekali lagi, Presiden Jokowi menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin dunia. Presiden Jokowi mengajak para pemimpin dunia dan pembuat kebijakan agar mengedepankan kerja sama dan kolaborasi adalah jawaban atas masalah dan ancaman bersama," ungkap Erick.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun Tatanan Baru

Menurut dia, dalam forum IMF-WBG tersebut, Indonesia bisa menunjukkan semangat semua negara untuk membangun tatanan baru di tingkat global.

"Kepemimpinan Indonesia dalam forum IMF dan World Bank mewakili semangat negara-negara kecil, menengah dan besar untuk membangun tatanan dunia baru yang lebih baik untuk semua," pungkas Erick.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.