4 Fakta Guru SMAN 87 yang Diduga Doktrin Muridnya Benci Jokowi

Oleh Maria Flora pada 12 Okt 2018, 09:12 WIB
SMAN 87 Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Sanksi penonaktifan sementara akhirnya dijatuhkan pada seorang guru di SMAN 87, Jakarta, karena diduga telah mendoktrin murid-muridnya untuk menyalahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Menurut pihak sekolah, penonaktifan tersebut dilakukan agar psikis dan mental para siswa tidak terganggu.

Sementara itu, akibat pemberitaan yang viral di media sosial, kondisi guru Nelty Khairiyah hingga kini masih syok.

Berikut sejumlah fakta di balik kasus guru doktrin siswa SMAN 87 yang viral di media sosial.

2 of 5

1. Viral di Medsos

Potret Udara Ribuan Perumnas Balaroa yang Hilang Akibat Gempa
Pandangan udara Perumnas Balaroa yang rusak dan ambles akibat gempa bumi Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (5/10). Berdasarkan data Lapan, dari 5.146 bangunan rusak sebanyak 1.045 di antaranya Perumnas Balaroa yang ambles. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Berawal dari pengakuan salah satu orangtua murid SMAN 87, cerita tentang guru yang berusaha mendoktrin siswanya viral di media sosial. Disebutkan, siswa-siswa diminta berkumpul oleh seorang guru di masjid.

Mereka lalu ditunjukkan video gempa di Palu dan Donggala yang telah menelan banyak korban jiwa.

Dalam aduannya, warga yang mengaku orangtua murid SMAN 87 menjelaskan, Presiden Jokowi-lah yang harus disalahkan hingga banyak korban meninggal dalam bencana di Sulawesi Tengah.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

3 of 5

2. Penonaktifan

Anak SMA, Ini Beda Gaya Cewek Tomboy dan Feminin di Sekolah
Ilustrasi anak tongkrongan di sekolah. (via: istimewa)

Melihat ada salah satu gurunya terlibat, Kepala Sekolah SMAN 87 mengambil langkah tegas. Penonaktifan sementara dijatuhkan.

"Hari ini saya mengeluarkan SK guru tersebut diberhentikan, dinonaktifkan dulu mengajar, karena secara psikis enggak bagus buat anak, juga dia sebagai guru tidak siap. Jadi, saya nonaktifkan untuk sementara waktu," kata Patra Patiah kepada merdeka.com di SMAN 87 Bintaro, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

Patra juga mengaku banyak pesan di Whatsapp-nya yang meminta sang guru dipecat. Namun, dia kembalikan itu kepada aparatur sipil negara (ASN).

4 of 5

3. Anies Angkat Bicara

Anies Baswedan Lepas Kafilah DKI Bersaing di MTQ Nasional
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan foto bersama Kafilah Provinsi DKI Jakarta untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVII, Jakarta, Kamis (4/10). Anies berharap Kafilah DKI dapat meraih juara umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga akan memberi sanksi tegas kepada guru SMAN 87 yang memberi doktrin muridnya untuk benci pada Presiden Jokowi.

"Kalau ada pelanggaran, tidak sesuai ketentuan, kita akan sanksi sesuai ketentuan," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu 10 Oktober 2018.

Sebelum sanksi dijatuhkan, pihaknya meminta inspektorat DKI Jakarta melakukan investigasi.

Tak lupa Anies berpesan, agar seorang pendidik memberikan contoh yang baik pada siswa.

5 of 5

4. Guru SMAN 87 Syok

Nelty Khairiyah merupakan guru yang diduga telah mendoktrin para muridnya untuk menyalahkan Jokowi atas gempa Palu dan Donggala.

Pemberitaan yang kencang membuat kondisi guru SMAN 87 ini mengalami syok berat. Nelty mengaku apa yang dilakukannya bukan bermaksud menyalahkan Presiden Jokowi. Karena itu, dia menyampaikan permohonan maafnya lewat surat.

"Selama dan setelah pemutaran video, saya memberikan penjelasan/komentar tentang isi video. Ada kemungkinan saya salah ucap atau siswa salah mempersepsikan kalimat-kalimat penjelasan saya," ujar Nelty dalam surat pernyataannya.

"Sebagai manusia yang tidak luput dari khilaf dan salah, dengan hati yang tulus saya meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang merasa dirugikan dengan kejadian ini, khususnya kepada Bapak Presiden Jokowi yang terbawa-bawa dalam masalah ini," ucap Nelty.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Andini WuAndini Wu

Bergabung Bersama Kami Di BANDARPKV | Mainkan 8 Game Populer Dengan 1 Akun | Menangkan Uang Hingga Ratusan Juta Rupiah Hanya Dengan Modal Rp.20.000,- | Tersedia Bank Online 24 Jam | Bonus TurnOver 0.5% | Bonus Referral 20% Klik disini untuk register >> http://bit.ly/hokyterus

Wubba XibaoWubba Xibao

KALAU TIDAK DI COBA ? TIDAK AKAN TAHU ! LEBIH BAIK MENCOBA DARI PADA DIAM TIDAK ADA PERUBAHAN MARI BERSAMA SAMA MELAKUKAN PERUBAHAN PADA EKONOMI DAN REJEKI KALIAN ! WWW,QAQAPOKER99,CO HADIR UNTUK MEMBERIKAN ANDA REZEKI PADA PUKUL 24.00 - 10.00 WIB DEPOSIT 10 RIBU BISA BERMAIN 7 GAMES DALAM 1 WE

Puput MelatiPuput Melati

Situs Agen Poker Dan Domino QQ Online Poker Ajaib Yang Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia Susah Mendapatkan Uang Masuk? Nah, Sudah Banyak Yang Membuktikan Hanya Klik Dibawah Ini https://is.gd/11D37r Dengan Hitungan Menit Saja Anda Sudah Bisa Menjadi Miliarder

Lihat Lainnya