Meriahkan Asian Para Games 2018, Belasan Kaum Difabel Berkarya Lewat Mural

Oleh Rita Ayuningtyas pada 12 Okt 2018, 07:58 WIB
Diperbarui 12 Okt 2018, 07:58 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan perhelatan Asian Para Games 2018, para penyandang disabilitas melukis mural sepanjang 20 meter.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (12/10/2018), ada pemandangan berbeda di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis siang 11 Oktober 2018. Belasan penyandang disabilitas melukis di atas kanvas sepanjang 20 meter.

Dalam rangka menyemarakkan perhelatan Asian Para Games 2018 kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi kaum difabel untuk menyalurkan bakat secara maksimal tidak menjadikan keterbatasan fisik sebagai penghambat dalam berkarya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Ketua Inapgoc Sylviana Murni yang membuka kegiatan ini juga ikut menggoreskan kuas. Mengangkat tema "Kita Semua Sama", kegiatan ini juga menjadi pengingat akan pentingnya kesetaraan hak seluruh masyarakat, termasuk para penyandang disabilitas.

"Kami di pemerintahan dan semua pihak, bahwa akses dan kesempatan harus sama pada seluruh warga Jakarta apapun kondisinya," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya harap akan ada lebih banyak lagi event seperti ini, karena masih banyak difabel-difabel yang belum menggunakan potensinya," kata penyandang disabilitas Yeti.

Berbagai rangkaian acara telah digelar, di antaranya kelas melukis bagi penyandang disabilitas selama 2 bulan hingga workshop bagi para atlet di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sebagai bentuk dukungan, transjakarta juga memfasilitasi 2 ribu penyandang disabilitas untuk menyaksikan pertandingan Asian Para Games 2018. (Muhammad Gustirha Yunas)