Sukses

BNPB: Gempa Situbondo Tak Ada Kaitan dengan Palu-Donggala

Sebelumnya, Sutopo mengatakan ada 22 daerah yang merasakan gempa yang mengguncang Situbondo, Jawa Timur, dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa bermagnitudo 6 di Situbondo, Jawa Timur, tak ada kaitannya dengan gempa yang terjadi di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa yang tak menyebabkan tsunami ini terjadi Kamis pagi sekitar pukul 01.44 WIB.

"Gempa di Situbondo tidak ada kaitan dengan gempa di Palu. Beda sumbernya," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Atas peristiwa ini, sedikitnya tiga orang meninggal dunia, yakni Nuril Kamiliya (7), Nadhar (55), dan Buhama (65). Ketiga orang tersebut meninggal akibat tertimpa reruntuhan tembok rumah sekitar pukul 07.07 WIB.

"Ini, kan, terjadinya malam. Kebanyakan sedang tertidur," ujar Sutopo.

Selain itu, sebanyak delapan orang mengalami luka akibat tertimpa atau terkena reruntuhan bahan bangunan.

"Untuk korban luka ada delapan orang. Sudik (65), Ny. Rinami (70), H. Samsu (60), Su'aida (55), B. Muhawiya, Aswiya, Nasiya (60) dan Sarwini (50). Mereka terluka juga karena tertimpa tembok rumah," jelas dia.

Sebelumnya, Sutopo mengatakan ada 22 daerah yang merasakan gempa yang mengguncang Situbondo tersebut.

"Ada 22 daerah yang merasakan gempa," kata Sutopo.

Beberapa kabupaten dan kota tersebut, yakni Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puluhan Rumah Rusak

Dampak dari gempa yang mengguncang wilayah Jawa Timur, yakni 25 rumah rusak di Kabupaten Sumenep, tepatnya di Desa Jambuir, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Sumenep. Rumah rusak di Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep.

"Rumah rusak di Nyabakan timur Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, rumah rusak di Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep, rumah rusak di Desa Pancor, Kecamatan Gayam, Sumenep, rumah rusak di Desa Nyamplong Kecamatan Gayam, Sumenep dan masjid Desa Gendang Timur Kecamatan Sepudi, Sumenep," sebut Sutopo.

Reporter: Nur Habibie

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.