Sukses

Cuaca Panas Melanda, BMKG: Musim Hujan Segera Tiba

Seharusnya, sebagian wilayah di Tanah Air sudah memasuki musim hujan pada Oktober ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan tak kunjung datang dan matahari sedang terik-teriknya pada pekan ini. Alhasil, masyarakat di Pulau Jawa termasuk DKI Jakarta dan Bali, belakangan ini, merasakan cuaca panas.

Seharusnya, sebagian wilayah di Tanah Air sudah memasuki musim hujan pada Oktober ini.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, awan-awan hujan sudah terbentuk. Tak lama lagi, musim penghujan tiba.

"Terkait awal musim, secara bertahap di Oktober sudah ada pembentukan hujan, ditandai dengan adanya hujan lokal. Baru meratanya di November dan Desember," kata Hary, di Kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Dia mengatakan, beberapa wilayah memang seharusnya sudah memasuki musim hujan pada Oktober-Desember ini, seperti di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Namun mundur ke November-Desember. Dia mengatakan, kemunduran awal musim hujan di beberapa wilayah, maksimal hanya satu bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suhu Normal

Menurut dia panas yang dirasakan akhir-akhir ini disebabkan oleh gerak semu matahari di belahan bumi selatan, yaitu di atas Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

"Artinya, yang dirasakan oleh masyarakat sekarang ini adalah penyinaran matahari optimal. Manakala kelembapan udara relatif tidak basah, yang dirasakan panasnya cukup terik," ujar Hary.

Namun, suhu udara di tengah panas terik sekaran ini masih tercatat normal. Suhu rata-rata pada pekan ini masih 32-37 derajat Celcius.

"Kalau basah, itu potensi pembentukan hujan yang lebat dan sifatnya lokal tidak merata. Masyarakat tidak perlu resah terkait isu yang ada. Berdasarkan catatan harian, 32-37 derajat celcius ini normal," ucap Hary.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.