Sukses

Pemprov Hanya Bisa Tagih Uang Saku Ratna Sarumpaet Sebesar Rp 19 Juta

Padahal, Pemprov DKI menggelontorkan uang sebesar Rp 70 juta untuk Ratna Sarumpaet.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro mengatakan tiket yang digunakan Ratna Sarumpaet untuk menghadiri konferensi internasional di Chile hangus. Artinya, tidak ada pengembalian dari pihak maskapai ketika ada pembatalan.

Penyebabnya, tiket itu dibeli dengan harga promo. Konsekuensinya yang diterima oleh pelanggan, uang tidak bisa dikembalikan batal berangkat.

"Tiket itu diperoleh juga dengan yang promo, jadi murah. Tetapi tiket promo ada konsekuensinya, kalau tidak jadi, hangus tiketnya," kata Asiantoro di Balai Kota Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Dia menjelaskan, untuk mendapatkan tiket penerbangan, Ratna Sarumpaet dibantu oleh anak buahnya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Apalagi, kata Asiantoro, anggaran yang ada tidak banyak.

Oleh karena itu, dia menyebut, Pemprov DKI hanya dapat menagih uang saku yang telah diterima Ratna Sarumpaet. Sebab, uang tersebut belum sempat terpakai.

"Iya (uang saku), karena uang (maskapai) enggak bisa refund. Kemarin sudah dicek enggak bisa. Sudah ada surat dari maskapainya karena namanya booking enggak mungkin dipulangin," ujar Asiantoro.

Sedangkan, untuk uang saku yang diterima Ratna Sarumpaet, yakni sebesar Rp 19.857.000 dan biaya maskapai Jakarta-Chile sebesar Rp 50.380.000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batal ke Chile Setelah Jadi Tersangka

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudaya DKI Jakarta, Asiantoro menyatakan Ratna Sarumpaet menerima uang sponsor menghadiri konferensi internasional di Chile secara tunai.

Total dana yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 70 juta.

"Yang jelas dia dikasih uang cash. Disparbud menolong pendaftaran sana, kita konfirmasiin kapan harus ke sana," kata Asiantoro saat dihubungi di Jakarta, Jumat 5 Oktober 2018.

Namun, pada Kamis 4 Oktober malam, Ratna batal ke Chile melalui Turki karena penyidik Polda Metro Jaya menangkapnya di Bandara Soekarno-Hatta. Ratna dicekal setelah menjadi tersangka dalam kasus penyebaran hoaks soal pemukulan yang dialaminya di Bandung.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.
    Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.

    Ratna Sarumpaet