BKSDA DKI: 2 Buaya Bersarang di Kolong Jembatan Mangga Dua Square

Oleh Delvira Hutabarat pada 10 Okt 2018, 14:57 WIB
Diperbarui 10 Okt 2018, 14:57 WIB
Dua ekor Buaya diduga tengah bersarang di kolong jembatan sekitar Mangga Dua Square, Jakarta Utara. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta telah menebar jaring untuk menangkap tiga ekor anak buaya yang berkeliaran di jembatan yang menyambungkan Mangga Dua Square dengan Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSD Jakarta Ida Herwati mengatakan, pengejaran buaya sudah dilakukan sejak dua hari lalu. "Sudah disisir dari dua-tiga hari lalu, jaring sudah dipasang," katanya di lokasi, Rabu (10/10/2018).

Menurut Ida, buaya yang muncul hari ini ada dua ekor, dan berjenis buaya muara dan buaya senyulong.

"Kemungkinan mereka membuat sarang di bawah jembatan, dan mereka berjemur juga," kata dia.

Pantauan Liputan6.com, para petugas dari BKSDA termasuk polisi hutan masih menyisir di pinggir kali dan menunggu di tepi menampakan buaya. "Mau dipancing juga dengan umpan supaya keluar," ucap dia. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini

2 dari 2 halaman

Buaya Peliharaan ?

Menurut Ida, buaya muara memang habitanya di kali dan muara, termasuk di kali anak ciliwung, namun untuk buaya senyulong habitatnya bukan di muara atau kali Pulau Jawa, melainkan di Kalimantan.

"Kemungkinan itu (senyulong) dilepas, karena habitatnya bukan di sini,” tandas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓