Sukses

Cuaca Terik Landa DKI Jakarta, Ini Penjelasan BMKG

Usai cuaca panas, wilayah DKI Jakarta diprediksi akan mengawali musim penghujan pada November mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca panas melanda DKI Jakarta selama beberapa hari terakhir. Suhu tinggi ini tidak hanya terjadi di DKI Jakarta, tetapi juga di bagian Pulau Jawa lainnya, Bali hingga Nusa Tenggara.

Suhu udara berkisar di angka 34-37 derajat Celsius. Keadaan cuaca ini dinilai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih berada dalam kondisi normal.

"Kondisinya normal, manakala matahari berada di sekitar khatulistiwa bisa di sebelah selatan, tepat di khatulistiwa, maupun di selatan khatulistiwa," ujar Humas BMKG Hary Djatmiko saat dihubungi oleh Liputan6.com, Selasa (9/10/2018).

Gerak semu matahari ini mengakibatkan radiasi matahari yang masuk cukup optimum sehingga menimbulkan cuaca panas. Kondisi ini bersifat fluktuatif melihat saat ini Indonesia sedang mengalami musim pancaroba atau transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

Cuaca panas ini sangat bergantung pada kelembapan udara. Hal ini karena kelembapan udara akan memengaruhi terbentuknya awan hujan.

"Sudah mulai ada tanda-tanda pembentukan awan di wilayah Banten, tapi enggak merata," ungkap Hary. "Seiring dengan pembentukan awan hujan yang merata, sekitar pertengahan atau akhir Bulan Oktober," lanjutnya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Musim Hujan

Wilayah DKI Jakarta sendiri diprediksi akan mengawali musim hujan pada November mendatang.

Reporter: Melissa Octavianti

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • cuaca panas