Sukses

129 Kelurahan di Jakarta Rawan Banjir

Pemprov DKI kesulitan menormalisasi kali di sekitar kawasan rawan banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 129 kelurahan di Jakarta masih rawan terendam banjir. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah mengatakan, lokasi kelurahan-kelurahan itu berada di sepanjang kali yang belum dinormalisasi.

"Salah satu penyebab masalah tersebut karena normalisasi tidak berjalan. Kali tidak mampu menampung banjir yang datang dari hulu. Jadinya, airnya melimpah," kata Bambang saat dihubungi, Selasa (9/10/2018).

Ia menyebut, data kerawanan banjir berasal evaluasi kajian banjir Februari 2018. Saat ini, normalisasi baru terealisasi 16 kilometer dari total 33 kilometer. Mandeknya proyek tersebut karena terhalang pembebasan lahan.

"Semenjak tahun 2018 ini tidak ada lagi kegiatan normalisasi. Karena tidak ada normalisasi, maka dananya kami kembalikan ke kas negara," pungkas dia.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Kelurahan Rawan Banjir

Adapun kelurahan yang masih rawan berada di sepanjang Kali Angke ada 6 kelurahan, Kali Pesanggaran 21 kelurahan, Kali Krukut 12 kelurahan dan Kali Ciliwung 28 kelurahan.

Sementara di Kanal Banjir Barat ada 10 kelurahan yang terancam, di Kali Ciliwung Lama ada sembilan kelurahan, Kali Sunter ada 23 kelurahan, Kali Cipinang ada 12 kelurahan, dan di Kali Cengkareng Drain ada delapan kelurahan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.